Bisnis
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 20 Jul 2019 - 16:46:22 WIB
Bagikan Berita ini :
Sistem Bermasalah

Sistem Bermasalah, Bank Mandiri Hancurkan Kepercayaan Masyarakat

tscom_news_photo_1563615982.jpeg
Bank Mandiri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Juru bicara PSI Sigit Widodo menilai bermasalahnya sistem komputer Bank Mandiri berdampak buruk pada bank plat merah itu. Terutama tingkat kepercayaan publik pada bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tidak hancur.

Sejak Jumat malam (19/7/2019) banyak nasabah Bank Mandiri mengeluhkan tidak dapat melakukan transaksi perbankan. Beberapa nasabah melaporkan saldo rekeningnya berkurang, bahkan ada yang menjadi nol rupiah. Ada juga nasabah yang saldonya bertambah hingga puluhan juta rupiah.

"Perbankan adalah bisnis kepercayaan, jangan sampai kepercayaan nasabah pada Bank Mandiri hancur,” kata Sigit, di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Sigit mengungkapkan, berdasarkan keterangan Bank Mandiri, gangguan terjadi pada data saldo 10 persen nasabah saat pencadangan rutin daricore systemkebackup systemyang rutin dilakukan pada akhir hari.Bank Mandirisudah meminta maaf dan menjamin sistem akan pulih dengan jumlah saldo yang benar dalam 2-3 jam.

Menurutnya, kesalahan semacam ini seharusnya bisa dihindari untuk bisnis perbankan, keandalan sistem IT harus benar-benar dijaga. Bukan cuma soal saldo yang berubah, namun juga masalah kesulitan nasabah yang tidak dapat melakukan transaksi perbankan.

“Di erae-commerceyang membutuhkan transaksi 24 jam tanpa henti, gangguan yang lebih dari satu jam saja sangat merugikan nasabah. Apalagi ini sudah berlangsung berjam-jam. Bayangkan efeknya pada belanjaonline,” imbuh Sigit.

Dirinya melihat persoalan ini bukan hanya kali ini saja, Bank Mandiri sudah beberapa kali bermasalah dengan sistem IT. Sebagai bank milik negara dengan aset nomor dua terbesar di Indonesia,Bank Mandiriharus lebih serius menangani sistem IT-nya.

"Kalau tidak, nasabah bisa pindah ke bank lain yang lebih bisa menjamin keamanan dan keandalan sistem IT,” tutupnya. (ahm)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement