Berita
Oleh pamudji pada hari Selasa, 06 Agu 2019 - 10:37:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Selamat Jalan Sang Kyai Kharismatik

tscom_news_photo_1565062664.jpg
Kyai Haji Maimun Zubair (Mbah Moen) (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Hari ini, Selasa (6/8/2019), Indonesia kehilangan ulama besar, Kyai Haji Maimun Zubair, yang akrab disapa Mbah Moen. Nama besarnya tak hanya dikagumi oleh para kyai, ulama, dan santri, tetapi juga teramat disegani oleh para politisi Tanah Air.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang itu wafat di Tanah Suci Mekkah, dalam usia 91 tahun. Mbah Moen lahir di Rembang, Jawa Tengah, 28 Oktober 1928 dan tutup usia di Mekkah pada 6 Agustus 2019.

Kini, di tengah kedukaan yang teramat dalam, Indonesia mengenangnya sebagai sosok luar biasa. Mbah Moen merupakan seorang alim, faqih sekaligus muharrik atau penggerak. Selama ini Mbah Moen menjadi rujukan banyak ulama Indonesia dalam bidang fikih. Hal ini lantaran Kiai Maimun menguasai secara mendalam ilmu fikih dan ushul fiqh.

Saat bersamaan, kiprah Mbah Moen di bidang politik telah ditorehkan dengan tinta emas. Bukan hanya lokal, kiprah itu juga meluas di tingkat nasional. Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Rembang selama tujuh tahun.

Sejatinya, setelah mengakhiri masa bakti sebagai aggota DPRD Rembang, Mbah Moen ingin konsentrasi mengurus pondok pesantrennya. Namun,tenaga dan pikirannya masih dibutuhkan oleh negara sehingga dia diangkat menjadi anggota MPR RI utusan Jawa Tengah selama tiga periode.

Pengaruh Mbah Moen di kancah politik Tanah Air benar-benar luar biasa. Menjelang perhelatan Pilpres 2019, misalnya, kyai sepuh ini bergantian menerima kunjungan dua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, yang akan berlaga ketika itu. Kepada Mbah Moen, kedua capres meminta nasihat, serta tentu saja, restu.

Kini, Mbah Moen telah menghadap Sang Khalik. Namun, semua ucapan, pemikiran, dan tindakannya akan selalu dikenang sebagai wasiat untuk kemaslahatan umat. Selamat jalan Mbah Moen. Selamat jalan sang kyai kharismatik. (plt)

tag: #mbah-moen  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...