Berita

PLN Batalkan Rencana Potong Gaji Pegawai Akibat Listrik Padam

Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 08 Agu 2019 - 12:55:36 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1565243736.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT PLN (Persero) memastikan tidak akan memotong gaji pegawai imbas padamnya listrik secara massal di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah. Tadinya pemotongan gaji akan dilakukan karena PLN harus memberi kompensasi pada pelanggan yang listriknya padam.

Direktur PLN Regional Jawa Barat Haryanto WS mengklarifikasi bahwa manajemen PLN tidak akan memangkas gaji pegawainya.

"Tidak. Jadi saya perlu luruskan tidak ada niatan atau pun statement yang mengatakan akan ada pemotongan dari gaji pegawai," kata dia di PLTD Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).

Dia mengatakan, pemberian kompensasi ke pelanggan PLN yang terimbas padamnya listrik menggunakan dana internal perusahaan, tidak benar jika menggunakan dana dari pemotongan gaji pegawai.

"Saya sampaikan kita akan menggunakan dana internal PLN," tambahnya.

Beberapa hari lalu, Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Raharjo Abumanan mengatakan, kompensasi yang dibayarkan PLN akan berpengaruh pada keuangan PLN. Untuk mengatasi hal tersebut, manajemen berencana mengurangi gaji pegawai.

"(Keuangan minus dong?) Iya, makanya harus hemat lagi nanti, gaji pegawai kurangi," katanya di DPR Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dia menjelaskan, terdapat beberapa jenis penghasilan pegawai dalam PLN. Salah satunya ialah penghasilan berdasarkan prestasi. Penghasilan ini yang bakal dikurangi.

"Di PLN itu kalau kerjanya enggak bagus potong gaji. Namanya nggak potong gaji, P2 diperhitungkan. PLN ada 3 (komponen penghasilan), P1 itu gaji dasar, P2 ini kalau prestasi dikasih kalau enggak, enggak. Kaya gini (kejadian pemadaman masal) nih kemungkinan kena semua pegawai," paparnya. (Alf)

tag: #pln  #bumn  

Bagikan Berita ini :