Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Selasa, 13 Agu 2019 - 18:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Buntut Polemik Enzo Allie, TNI AD Janji Perbaiki Rekrutmen Taruna Militer

tscom_news_photo_1565696441.jpg
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers soal Enzo Zenz Allie di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa berjanji memperbaiki rekrutmen taruna akademi militer ke depannya.

Hal ini buntut daripolemik calon taruna Akmil Enzo Zenz Allie, seorang keturunan Prancis yang berhasil diterima dalam tes akademi militer tetapi dicurigai berkaitan dengan organisasi terlarang berdasarkanposting-an media sosialnya.

"TNI ADmeminta maaf atas kericuhan yang terjadi, tapi kami memang benar-benar tidak bermaksud dengan sengaja untuk berada dalam pusat kontroversi. Kami pasti akan perbaiki. Jangankan berikutnya, sekarang saja kami buka diri. Kami tidak ngotot," ujar Andika saat konferensi pers di Kantor Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Menurut dia, TNIsudah mengukur para taruna akademi militer tahun ini, tak terkecuali Enzo dengan paramater yang dimiliki.

Berdasarkan pengukuran itu, hasilnya Enzo tidak terkait dengan organisasi terlarang atau memiliki ideologi menyimpang seperti yang beredar di media sosial.

"Kami pasti akan selalu perbaiki ke depannya. Tahun depan dan berikutnya pasti, tiap tahun kami selalu memperbaiki. Ini memang salah satu tugas kami, pengawasan ke dalam. Semuanya terus menerus kami lakukan," ujar dia.

Kendati demikian, Andika menyampaikan bahwa pihaknya tak berwenangmencari tahu siapa orang-orang yang menggulirkan informasi soal Enzo tersebut.

"Bagi kami yang paling penting, apakah benar Enzo-nya itu terpengaruh atau tidak. Itu yang paling penting," kata dia.

TNI tetap mempertahankan EnzoAllie sebagai taruna akademi militer berdasarkan hasil tes tambahan dengan alat ukur alternatif.

Berdasarkan kesimpulan tes tersebut, Enzo memiliki nilai 84 persen atau 5,9 dari maksimal 7 untuk indeks moderasi bernegara sehingga ia pun dinyatakan dipertahankan. (Alf)

tag: #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement