Berita
Oleh Fitriani pada hari Minggu, 25 Agu 2019 - 16:40:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Loloskan Pelanggar Kode Etik KPK, Pansel Capim KPK Perlu Dievaluasi

tscom_news_photo_1566724646.jpg
Pansel Capim KPK (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Panitia seleksi calon pimpinan (Pansel Capim) KPK telah menyelesaikan tahapan Profile Assesment, setidaknya terdapat 20 nama capim lolos dalam tahapan ini.

Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengaku kecewa terhadap kinerjaPansel Capim KPK. Sebab mereka terkesan menutup mata dan telinga terhadap masukan publik terkait kreterianama-nama yang lolos.

"Kinerja Pansel mengecewakan, mereka tidak mengindahkan masukan publik, hal ini terlihat dari beberapa nama yang dinyatakan lolos padahal memiliki catatan kurang baik," ujar Dedi kepada TeropongSenayan,Minggu (25/08/2019).

Dedi menjelaskan, ada beberapa nama yang seharusnya dipertanyakan integritasnya, terkait upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Bagaimana mungkin ada nama lolos seleksi sementara pernah terindikasi melanggar kode etik KPK, termasuk nama yang pernah tersangkut isu pengancaman terhadap petinggi KPK, juga dengan mereka yang terang-terangan tidak patuh melaporkan LHKPN, ini penanda integritas itu tidak utuh ada pada mereka," papar dia.

Dedi juga sangat menyayangkan, nama-nama yang berpotensi memiliki kecakapan dan integritas dalam upaya pemberantasan korupsi justru berguguran.

"Dan sebaliknya, tokoh yang sejauh ini tidak memiliki catatan buruk dalam kinerja pemberantasan korupsi tidak lolos assesmen, padahal ia sudah memimpin KPK, tanpa catatan buruk," ungkapnya.

Dedi beranggapan, proses seleksi Capim KPK sudah mengecewakan sejak pembentukan Pansel.

"Persoalan ini mengemuka sejak awal, bahkan sampai hari ini kita kesulitan mengakses Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 54/P tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Seleksi, padahal publik memerlukan keterbukaan informasi," tukas dia.

"Presiden harus menahan diri untuk memaksakan restunya pada Pansel Capim KPK, ada baiknya sementara ini Pansel dievaluasi, dan mulai mendengarkan masukan-masukan publik, baik buruknya pimpinan KPK di masa mendatang, bergantung dari kesungguhan Pansel dan kejelian presiden," imbuh Dedi. (Alf)

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...