Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 28 Agu 2019 - 10:51:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Korupsi E-KTP, Setnov Ajukan Upaya Hukum Luar Biasa

tscom_news_photo_1566964300.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto mengajukan upaya hukum luar biasa yakni Peninjauan Kembali (PK) ke M‎ahkamah Agung (MA) terkait putusan perkara korupsi proyek pengadaan KTP-elektronik. Rencananya, sidang perdana PK Novanto akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (28/8/2019).

Kuasa hukum Novanto, Maqdir Ismail mengungkapkan tiga alasan diajukan PK oleh kliennya. Pertama yakni karena adanya novum atau bukti baru. Alasan kedua yakni adanya pertentangan putusan dengan yang lain dan ketiga adanya kehilafan hakim.

"Jadi tiga itu tiga hal yang disebut undang-undang terpenuhi menurut hemat kami. ketiganya terpenuhi. Sehingga kami ajukan permohonan PK," jelas Maqdir.

Harapannya, sambung Maqdir, kliennya bisa mendapatkan hukuman lepas atau bebas serta dakwaan terbukti terhadap Novanto merupakan dakwaan yang salah. Saat ditanyakan berapa novum yang akan diajukan, Maqdir belum mau mengungkapnya.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan Jaksa KPK akan memenuhi panggilan pengadilan untuk menghadiri persidangan PK yang diajukan oleh Novanto.

"Sidang diagendakan Pukul 10.00 WIB di PN Jakarta Pusat dengan agenda pembacaan permohonan PK," ujar Febri.

Dalam perkara korupsi KTP-el, Novanto telah divonis 15 tahun penjara dan diwajibkan ‎membayar denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan di tingkat pertama. Novanto juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar 7,3 juta dollar Amerika Serikat yang apabila tidak dibayarkan maka harta bendanya akan disita dan dilelang dan bila hartanya tidak mencukupi uang pengganti tersebut maka akan diganti pidana 2 tahun penjara.(plt)

tag: #korupsi-ektp  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dukung Ketahanan Pangan di Perbatasan dengan Malaysia, PT. Pertani Pasok Kebutuhan Benih Padi di Entikong

Oleh windarto
pada hari Sabtu, 23 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN ) - PT. Pertani (Persero) melalui Cabang Kalimantan Barat telah menjangkau desa di wilayah Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, yang merupakan jalur perbatasan ...
Berita

Ketua Satgas Terkena Covid – 19 . DPR : Ini Peringatan Bahwa Virus ini Bisa Mengenai Siapa Saja

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid – 19, Doni Monardo mengumumkan bahwa dirinya positif Covid – 19.  Anggota komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen ...