Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 09 Sep 2019 - 20:43:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Wiranto Bantah Kerahkan Kekuatan TNI dan Polri ke Papua

tscom_news_photo_1568036593.jpg
Wiranto (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukam) Wiranto membantah telah ada pengerahan pasukan TNI dan Polri dalam jumlah besar di Papua. Apa yang beredar di masyarakat mengenai banyaknya pasukan di Papua adalah berita bohong atauhoax.

“Dibandingkan dengan jumlah TNI dan Polri, tadi saya tanya kepada Panglima TNI jumlahnya pasukan kita TNI dan Polri kalau digabung ya sekitar 850.000 orang. Nah yang ada di sana (Papua, Red) kan sekitar 6.000 kan, atau 6.500. Jadi kan tidak sampai satu persen,” kata Wiranto dalam konferensi pers di Kementerian Polhukam, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dia menjelaskan kehadiran TNI dan Polri di Papua bukan untuk menakut-takuti masyarakat. Kehadiran pasukan di sana untuk mengamankan wilayah, apalagi masih ada provokasi untuk melakukan kerusuhan.

“Jangan kemudian disebut bahwa wah di sana, TNI dan polisi menggeruduk, mengadakan aksi-aksi menakut-nakuti rakyat. Ini berita enggak bener,” kata dia.

Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini kemukakan pengiriman pasukan ke Papua juga untuk menjaga obyek-obyek vital. Negara melalui TNI dan Polri berkewajiban untuk melindungi obyek-obyek tersebut agar tidak dirusak masyarakat.

“Jadi sudah dikatakan bukan represif, tugasnya melindungi masyarakat, melindungi obyek kita, obyek penting, instalasi-instalasi penting, fasilitas umum. Dilindungi agar enggak dirusak dan dibakar,” tuturnya.

Dia menambahkan, kehadiran TNI dan Polri di Papua sudah diintruksikan agar bertindak persuasif dan kompromi. TNI dan Polri membangun komunikasi dan mengajak masyarakat agar tidak melakukan aksi unjukrasa terus-menerus.

“Mereka punya misi tambahannya ya bersihkan puing-puing akibat kebakaran, akibat kerusakan, dibersihkan supaya bersih," katanya. (Alf)

tag: #wiranto  #papua  #tnipolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement