Opini
Oleh Dr. Syahganda Nainggolan (Sabang Merauke Circle) pada hari Rabu, 11 Sep 2019 - 23:40:54 WIB
Bagikan Berita ini :
Sebuah Renungan

Habibie dan Kebangkitan Teknologi Bangsa Yang Hilang

tscom_news_photo_1568220054.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

Habibie telah pergi menemui Ilahi. Semoga kepergian itu lebih baik baginya. Semoga dia masuk ke surga.

Kepergian Habibie perlu menjadi momentum bagi bangsa ini untuk merenung, kenapa kita men "dewa" kan Habibie selama ini. Lalu bagaimana Indonesia tanpa Habibie?

Besarnya nama Habibie karena dia adalah manusia yang utama dan terutama dalam mendorong Indonesia menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Meskipun, sejarah itu dilakoninya di masa orde baru.

Habibie perlu 21 tahun setelah kembali ke Indonesia, sejak 1974, untuk berhasil membangun kepercayaan bangsa kita menjadi bangsa berteknologi tinggi. Tepatnya, pada Agustus tahun 1995, melalui Habibie, pesawat terbang produksi pertama Indonesia berhasil dinaikkan ke udara. Dalam buku "Note on the Economics of Innovation", 2017, Jusman SD, yang juga menjadi manajer projek pembuatan pesawat N250, menceritakan saat pesawat itu mengudara, Habibie berkata "Indonesian people are a gifted engineers".

Pembangunan dan industrialisasi di masa orde baru adalah seperti sebuah koin dengan dua sisi. Strategi pembangunan yang awalnya didominasi sektor pertanian bergeser ke arah industri. Melalui startegi subtitusi impor dan promosi ekspor, berbagai kawasan industri digenjot. Pada fase selanjutnya, melalui kelompok industri strategis, berbagai industri dengan teknologi tinggi dikejar. Strateginya adalah melalui pembudayaan teknologi (learning by doing) dan mengirimkan ribuan mahasiswa ke berbagai kampus ternama di luar negeri.

Keberhasilan industrialisasi di Indonesia serta transfer-in teknologi menjadi kebanggaan sendiri di masa orde baru. Sehingga enginer2 Indonesia mempunyai lapangan kerja yang baik dan universitas2 dengan fakultas teknik, bergairah tumbuh berkembang dan maju.

Habibie telah menjadi ikon bagi sukses industrialisasi dan kemajuan teknologi di masa lalu. Bahkan ketiga Habibie memadukan tema iptek dengan manusia soleh (iman dan taqwa/ imtaq), kepercayaan anak2 bangsa sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim semakin membesar. Rasa minder sebagai bangsa terkebelakang berangsur angsur hilang. Pemisahan ilmu dan agamapun hilang.

Namun, sejarah terus berjalan. Tahun 1998 krisis ekonomi dan politik memusnahkan bangsa kita, khususnya soal kebangkitan teknologi dan industri. Soal kebangkitan itu, Jusman SD mengatakan, "namun saat ini itu hanyalah masa lalu, "all gone belong to the past"". Sejak 1998, seluruh agenda kebangkitan industri dan teknologi hanyalah sampah. Penyakit bangsa ini sejak reformasi adalah bangsa konsumen yang bertumpu pada kekuatan eksploitasi sumberdaya alam.

Jika Suharto dan seluruh rakyat Indonesia menyaksikan produksi pesawat terbang buatan sendiri diulang tahun ke 50 kemerdekaan, saat ini presiden kita hanya bisa meresmikan "mobil rakitan mirip dari China" pada saat Indonesia 74 tahun, sebagai "mobil nasional".

Habibie telah tiada. Kita belum melihat bakal adanya Habibie2 baru. Karena Habibie itu hanya ada di era pengejaran transfer teknologi dilakukan dengan semangat. Jusman SD dalam bukunya "Note on the Economics of Innovation" melihatnya justru ini era tepat munculnya Habibie baru, era di mana Trump membuat negara menjadi penting dan teori "infant industry of Paul Krugman" bisa diaplikasikan.

Waktu terus berlalu. Inovasi, teknologi, R&D, industrialisasi, efisiensi, dll menjadi kosa kata langka. Mereka sirna bersama perginya Habibie ke alam baka.
Semoga ada kesadaran baru dari elit yang berkuasa untuk menghasilkan sejuta Habibie di republik ini.

Selamat jalan Habibie. Rakyat Indonesia menangisi kepergianmu.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Ahlan Wa Sahlan Prabowo Sang Rajawali!

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan Prabowo Subianto sah sebagai Presiden RI ke delapan. Itu adalah takdir Prabowo yang biasa dipanggil 08 oleh koleganya. Keputusan MK ...
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...