Oleh Jihan Nadia pada hari Senin, 07 Okt 2019 - 15:32:46 WIB
Bagikan Berita ini :

DPRD DKI Tunggu SKEP Kemdagri untuk Pengukuhan 5 Pimpinan Dewan Definitif

tscom_news_photo_1570437166.jpg
Paripurna DPRD DKI (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pimpinan Sementara DPRD DKI Jakarta masih menunggu Surat Keputusan (SKEP) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menggelar pengambilan sumpah terhadap lima pimpinan definitif DPRD DKI periode 2019-2024.

Adapun dokumen pengajuan itu sudah dikirim oleh Pemprov DKI Jakarta pada Jumat (4/10/2019) pekan lalu.

“Hari Kamis (3/10/2019) lalu setelah paripurna pengumuman pimpinan definitif, dokumen langsung diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diteken. Keesokan harinya diteruskan kepada Kemendagri,” kata Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Pantas mengaku tidak bisa memastikan kapan SKEP itu diterbitkan dari Kemendagri.

Namun berdasarkan pengalaman sebelumnya, proses administrasi di Kementerian biasanya memakan waktu sekitar dua pekan.

“Kalau turunnya (dokumen) kami enggak bisa pastikan karena kewenangan mereka. Biasa saja yang seperti itu tidak boleh lebih dari berapa hari atau 10 hari gitu, jadi kalau 10 hari belum dapat (suratnya) itu sudah sah,” ujarnya.

Menurut dia, komposisi lima pimpinan diisi oleh Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta dari PDI Perjuangan.

Kemudian empat Wakil Ketua DPRD lainnya adalah Zita Anjani dari PAN, Abdurrahman Suhaimi dari PKS, Mohamad Taufik dari Partai Gerindra dan Misan Samsuri dari Partai Demokrat.

“Setelah surat pengukuhan mereka diterbitkan, pengambilan sumpah mereka akan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta,” jelas politisi dari PDI Perjuangan ini.

Pantas mengatakan, setelah kelima pimpinan DPRD dikukuhkan, maka agenda selanjutnya adalah pembahasan alat kelengkapan dewan (AKD) seperti Komisi, Fraksi, Badan Legislasi dan sebagainya.

Meski PDI Perjuangan mendapatkan kursi terbanyak mencapai 25 kursi di legislator, Pantas memastikan partainya tetap menjunjung mufakat dalam menentukan sosok pengisi Ketua Komisi.

“Pokoknya kami musyawarah mufakat aja, kami mencoba membumikan nilai-nilai musyawarah untuk kebaikan bersama,” ucapnya. (Alf)

tag: #dprd-dki  #kementerian-dalam-negeri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...