Merasa Jadi Penentu Kemenangan Jokowi di Jateng-Jatim, PKB Optimis Dapat Jatah 5 Menteri

Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 13 Okt 2019 - 20:27:14 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1570973234.jpg

Jokowi dan Cak Imin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merasa pantas mendapat lima jatah kursi kabinet di Pemerintahan Jokowi-Ma"ruf Amin.

Ketua DPP PKB Bidang Pendidikan dan Pesantren KH M Yusuf Chudlori mengatakan, partainya siap menghadirkan calon-calon terbaik sebagai menteri.

PKB selalu siap untuk diajak bicara tentang komposisi kabinet dan menyiapkan kader terbaiknya untuk duduk di kursi Menteri. Namun kader tersebut tetap rekomendasi dsri Ketua Umum PKB.

"Memang soal Menteri adalah prerogatif Presiden, tapi kalau kader partai sebaiknya merupakan rekomendasi dan perintah dari Ketua Partai. Kalau PKB ya harus atas perintah Ketum PKB Gus Muhaimin. Ini akan lebih bisa dikontrol program-program nya kelak," kata Gus Yusuf, Minggu (13/10/2019).

Ia menjelaskan wajar jika PKB menyinggung soal kabinet karena menurut ya PKB adalah Partai Pengusung Jokowi dan KH Ma"ruf Amin. 

Bahkan, Gus Yusuf menyatakan, PKB menjadi Faktor penentu kemenangan Jokowi - Ma"ruf Amin terutama di Jateng dan Jatim.

"Dalam koalisi itu, PKB tidak hanya sebatas Pengusung, tetapi sangat terasa struktur dan caleg caleg PKB bergerak masif untuk memenangkan Pasangan Pak Jokowi dan Kyai Ma"ruf," kata dia. 

"Terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur, PKB menjadi salah satu faktor penentu kemenangan Pak Jokowi. Juga kerja keras Jaringan Perempuan NU yang dikonsolidasi Waketum PKB Ibu Ida Fauziyah. Dan ini diakui oleh para pengamat politik, dengan membandingkan hasil Pilgub 2018," lanjut Gus Yusuf.

Gus Yusuf juga menyebutkan PKB berkontribusi meningkatkan perolehan suara Jokowi dibanding Pilpres 2014 lalu. Selain itu PKB juga banyak menepis isu negatif yang kerap menyerang mantan Wali Kota Solo itu.

"Tahun 2014, PKB mendapat 4 kursi. Kalau hari ini diberi 5 Menteri, saya kira wajar dan logis. Saya optimis Pak Jokowi menaruh perhatian terhadap peran PKB dan jatah Menteri untuk PKB," jelas pria yang juga menjabat Ketua DPW PKB Jateng itu.

Gus Yusuf juga menyinggung soal Undang-undang Pesantren yang menurutnya harus segera diimplementasikan. Hal itu harus selaras dengan Menteri Agama yang paham soal pesantren.

"Menteri Agama harus memiliki kultur dan ilmu tentang pesantren. Figurnya harus mempunyai suasana kebatinan yang pas dengan pesantren," tutup Gus Yusuf. (Alf)

tag: #pkb  #jokowimaruf-amin  

Bagikan Berita ini :