Oleh pamudji pada hari Senin, 14 Okt 2019 - 11:40:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Bubuhkan Tanda Tangan Digital, Jokowi Resmikan Tol Langit Palapa Ring

tscom_news_photo_1571028032.jpg
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian proyek infrastruktur jaringan telekomunikasi, Palapa Ring dengan menandatangani prasasti digital.

"Pemerintah berkomitmen menuntaskan Palapa Ring sebagai infrastruktur tol langit kita," kata Jokowi dalam sambutannya saat acara peresmian di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Menurut Presiden, pembangunan jaringan telekomunikasi itu diharapkan tidak hanya membangun sektor ekonomi tetapi juga memajukan sektor sosial, budaya, dan politik di seluruh Indonesia.

Dia menjelaskan ketersambungan komunikasi akan menyatukan Indonesia dari Sabang sampa Merauke serta Miangas ke Pulau Rote.

"Konektivitas ini harus bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa untuk penguatan persatuan kita, persaudaraan diantara kita, untuk memperkuat pendidikan diantara kita dan memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan di seluruh pelosok nusantara," kata Presiden.

Untuk menguji Palapa Ring, dalam acara itu juga dilakukan konferensi video dengan sejumlah pemerintah daerah di Ba"a Rote Ndao, Sabang, Penajam Paser Utara, dan Merauke, serta Sorong.

Menurut keterangan dalam laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, Palapa Ring adalah infrastruktur telekomunikasi jaringan serat optik di sepanjang wilayah Indonesia seluas 36.000 kilometer.

Pembangunan serat optik nasional menjangkau 440 kota/kabupaten. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku.

Proyek Palapa Ring akan mengintegrasikan jaringan yang telah terbangun dengan jaringan baru pada wilayah timur Indonesia.

Palapa Ring-Timur dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri atas sub marine cable sejauh 3.850 km dan land cable sepanjang 600 KM, dengan landing point sejumlah lima belas titik pada 21 kota/kabupaten. (plt)

tag: #proyek-infrastruktur  #teknologi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Bisnis

Diaspora Hong Kong Tertarik dengan Diaspora Bond

Oleh windarto
pada hari Minggu, 05 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bertempat di Gallery BNI Hong Kong Admiralty, puluhan WNI dan Diaspora Indonesia di Hong Kong menghadiri Sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) dan ...
Bisnis

KSP KUD Mintorogo Dapat Sentuhan Relaksasi Pembiayaan LPDB-KUMKM

DEMAK (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengaku, mendapat masukan langsung dari petani bawang merah di Demak. Bahwa diperlukan pembiayaan yang murah dan mudah untuk bisa ...