Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 23 Okt 2019 - 23:24:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Meski Kakanya Orang PDI-P, Jaksa Agung Burhanuddin Tegaskan Tak Ikut Parpol

tscom_news_photo_1571847892.jpg
ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung yang diumumkan dalam formasi kabinet periode keduanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Jokowi menunjuk ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung, yang diumumkan dalam formasi kabinet periode keduanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).ST Burhanudin merupakan adik kandung politikus PDIP TB Hasanudin.

ST Burhanuddin punmenanggapi soal hubungan keluarganya dengan Politikus PDI Perjuangan, TB Hasanuddin.

Meski berstatus adik kandung Hasanuddin, diaberjanji akan bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Kami sudah diperintahkan, kami profesional. Profesional. Tidak ada saudara, tidak ada apa-apa," kata Burhanuddin di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Ia mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Burhanuddin pun menegaskan bahwa dirinya bukan orang partai dan akan bekerja profesional.

"Wong misal satu rumah suami istri kadang-kadang partainya berbeda kok. Apalagi saya bukan orang partai. Bagi saya enggak ada masalah, sudah profesional saja," ucap dia.

Burhanuddin merupakan jaksa agungdari kalangan internal lembaga tersebut. Ia dilantik menggantikan pendahulunya, Muhammad Prasetyo.

Dilansir dariTribunnews, Burhanuddin diketahui memulai kariernya di lingkungan kejaksaan di tahun 1989 sebagai staf Kejaksaan Tinggi Jambi.

MAKI Sebut ST Burhanuddin PerwakilanPDI-P

Sebelumnya, Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menyayangkan pemilihan ST Burhanudin yang dianggap memiliki faktor kedekatan dengan PDI-P.

"Pemilihan Burhanudin berbau politik dan mengulang kembali pemilihan Jaksa Agung periode sebelumnya yakni Prasetyo yang berasal dari NasDem," kata Boyamin,Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dengan menghitung ST Burhanuddin, PDIP memiliki perwakilan 7 orang baik menteri dan pejabat setingkat menteri di kabinet Jokowi.

Tiga politikus PDIP lawas yakni Tjahjo Kumolo, Yasonna Laoly, dan Pramono Anung menjadi wajah lama yang kembali menghuni kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tjahjo menjabat sebagai Menteri PAN-RB. Sedangkan Yasonna dan Pramono bertahan di posisi sebelumnya yakni Menteri Hukum dan HAM dan Sekretaris Kabinet.

Selain itu, simpatisan PDIP Basuki Hadimuljono menjabat kembali sebagai Menteri PUPR. Wajah baru yang juga kader PDIP yakni Menteri Sosial Juliari P Batubara dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Juliari merupakan Anggota DPR Komisi VI dari PDIP periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Tengah I. Sementara I Gusti Ayu merupakan isteri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mantan Menteri Koperasi dan UKM di kabinet kerja yang merupakan kader PDIP dari Bali. (Alf)

tag: #menteri-jokowi  #jaksa-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Dua Pegawai KAI yang Jujur Terima Hadiah Ponsel, Pulsa dan Sederet Asuransi

Oleh Rihad
pada hari Senin, 13 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri BUMN Erick Thohir memberikan apresiasi kepada dua petugas KRL karena bersikap jujur usai menemukan Rp 500 juta di kereta, Senin (13/7). Mereka adalah petugas ...
Berita

Kuasa Hukum Heru Hidayat Tegaskan Akan Terus Kejar Keterangan Dirut Jiwasraya, Kenapa?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Penasihat Hukum Heru Hidayat, Aldres Napitupulu mengatakan, dalam sidang lanjutan perkara Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (13/07), peran Direktur Utama PT Asuransi ...