Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 23 Okt 2019 - 23:24:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Meski Kakanya Orang PDI-P, Jaksa Agung Burhanuddin Tegaskan Tak Ikut Parpol

tscom_news_photo_1571847892.jpg
ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung yang diumumkan dalam formasi kabinet periode keduanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Jokowi menunjuk ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung, yang diumumkan dalam formasi kabinet periode keduanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).ST Burhanudin merupakan adik kandung politikus PDIP TB Hasanudin.

ST Burhanuddin punmenanggapi soal hubungan keluarganya dengan Politikus PDI Perjuangan, TB Hasanuddin.

Meski berstatus adik kandung Hasanuddin, diaberjanji akan bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Kami sudah diperintahkan, kami profesional. Profesional. Tidak ada saudara, tidak ada apa-apa," kata Burhanuddin di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Ia mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Burhanuddin pun menegaskan bahwa dirinya bukan orang partai dan akan bekerja profesional.

"Wong misal satu rumah suami istri kadang-kadang partainya berbeda kok. Apalagi saya bukan orang partai. Bagi saya enggak ada masalah, sudah profesional saja," ucap dia.

Burhanuddin merupakan jaksa agungdari kalangan internal lembaga tersebut. Ia dilantik menggantikan pendahulunya, Muhammad Prasetyo.

Dilansir dariTribunnews, Burhanuddin diketahui memulai kariernya di lingkungan kejaksaan di tahun 1989 sebagai staf Kejaksaan Tinggi Jambi.

MAKI Sebut ST Burhanuddin PerwakilanPDI-P

Sebelumnya, Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menyayangkan pemilihan ST Burhanudin yang dianggap memiliki faktor kedekatan dengan PDI-P.

"Pemilihan Burhanudin berbau politik dan mengulang kembali pemilihan Jaksa Agung periode sebelumnya yakni Prasetyo yang berasal dari NasDem," kata Boyamin,Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dengan menghitung ST Burhanuddin, PDIP memiliki perwakilan 7 orang baik menteri dan pejabat setingkat menteri di kabinet Jokowi.

Tiga politikus PDIP lawas yakni Tjahjo Kumolo, Yasonna Laoly, dan Pramono Anung menjadi wajah lama yang kembali menghuni kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tjahjo menjabat sebagai Menteri PAN-RB. Sedangkan Yasonna dan Pramono bertahan di posisi sebelumnya yakni Menteri Hukum dan HAM dan Sekretaris Kabinet.

Selain itu, simpatisan PDIP Basuki Hadimuljono menjabat kembali sebagai Menteri PUPR. Wajah baru yang juga kader PDIP yakni Menteri Sosial Juliari P Batubara dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Juliari merupakan Anggota DPR Komisi VI dari PDIP periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Tengah I. Sementara I Gusti Ayu merupakan isteri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mantan Menteri Koperasi dan UKM di kabinet kerja yang merupakan kader PDIP dari Bali. (Alf)

tag: #menteri-jokowi  #jaksa-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...