Oleh Jihan Nadia pada hari Jumat, 25 Okt 2019 - 12:37:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Baru Dilantik, Mendagri Tito Terbang Ke Papua Dampingi Jokowi

tscom_news_photo_1571981878.jpg
Mendagri Tito Karnavian (tengah) (Sumber foto : Ist)

PAPUA (TEROPONGSENAYAN) –Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian gerak cepat, pasca dilantik Presiden Jokowi. Dia tak menunggu lama untuk langsung bekerja lebih serius terutama dalam menangani persoalan di tanah Papua dengan melakukan kunjungan kerja ke Papua bersama Panglima TNI dan Plt. Kapolri.

Dalam kunjungan kerja ke Papua tersebut, Mendagri Tito didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum yang juga Kapuspen Kemendagri, Bahtiar yang dalam keterangannya menjelaskan Mendagri Tito Karnavianmenuju Papua usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka dan Rapat Internal di Kemendagri, pada hari Kamis (24/10/2019) kemarin.

"Betul, Pak Menteri sudah bertolak ke Papua bersama Panglima TNI dan Plt. Kapolri, dan akan mendampingi kunker Presiden," kata Kapuspen yang juga Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, jumat (25/10/2019).

Bahtiar, menjelaskan Mendagri sangat berkepentingan dalam mengawal dan memastikan terjaganya stabilitas keamanan dalam negeri tentunya daerah Papua yang menjadi prioritas pertamanya.

“Sebelum menjabat Mendagri, beliau pernah melaksanakan operasi bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menangani konflik Papua dan tentunya otomatis sudah paham kondisi di lapangan yang pada saat ini beliau juga mendampingi kunjungan kerja Bapak Presiden Jokowi ke Papua”, ujarnya.

Bahtiar juga mengutarakan bahwa kunjungan kerja Mendagri bersama Panglima TNI dan Plt. Kapolri mendampingi Bapak Presiden tersebut sebagai bentuk perhatian yang sungguh-sungguh Mendagri Tito Karnavian kepada Tanah Papua.

“Bagaimanapun Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, apabila stabilitas politik dan keamanan terganggu di Papua maka akan berpengaruh bagi stabilitas politik dan keamanan secara nasional” ungkapnya.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Mendagri Tito Karnavian untuk menjaga Stabilitas Politik Dalam Negeri, sebagaimana diutarakan saat menyampaikan arahannya dihadapan jajaran ASN Kemendagri dan BNPP pagi sebelum keberangkatannya ke Papua.

Kemendagri, sebagai Kementerian yang melakukan pembinaan dan pengawasan kepada Pemerintah Daerah sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kemendagri memiliki peran strategis untuk menjamin stabilitas politik dalam negeri.

Menurutnya, tanpa stabilitas politik dalam negeri, pembangunan di berbagai sektor tak akan berjalan dengan baik. Pasalnya, stabilitas politik dan pembangunan akan saling memengaruhi satu sama lain dan berdampak pada sisi keamanan.

Mendagri Tito Karnavian dalam kunjungannya ditemani Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar. Mendagri bertolak ke Papua untuk menemani kunjungan kerja Presiden Joko Widodo. Di Kota Jayapura, presiden dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Holtekam dan bertemu dengan para tokoh masyarakat. (Alf)

tag: #mendagri  #papua  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...