Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 08 Nov 2019 - 09:02:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Politisi Senior: Golkar Harus Menjadi Partai Modern

tscom_news_photo_1573178542.jpeg
Politisi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Politisi Senior Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menyampaikan pidato Presiden Jokowi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar ke-55 harus diterjemahkan agar partai ini terus berbenah menjadi partai modern.

"Keberadaan partai modern itu dibutuhkan dalam kehidupan demokrasi kita yang masih bertumbuh (in the making)," kata Agun saat dihubungi, Jumat (8/11/2019).

Agun berpandangan demokrasi yang menyejahterakan masih membutuhkan perjuangan. Utamanya keberadaan Partai Politik. Seperti kemandirian dan biaya partai politik, korupsi yang menggurita, menguatnya populisme konservatif anti toleransi dan anti demokrasi hingga manajemen dan tata kelola partai yang bersifat oligarki dan pragmatisme.

Bahkan dirinya mengutip buku David Mathews yang berjudul Ekologi Demokrasi, dalam buku itu menjelaskan bahwa demokrasi deliberatif dan kekuatan warga, menyatakan perlu adanya pergeseran dari politik retorik para elit menjadi politik kerja dengan pelibatan setiap ‘warga’ di tempatnya masing-masing.

"Artinya politik retorika elit yang selama ini dikumandangkan, harus dibumikan menjadi politik kerja ‘warga’. Sehingga partai politik menjadikan warga negara terberdayakan serta memiliki kepedulian bahwa demokrasi itu adalah miliknya, jiwanya dan harapannya untuk masa depannya lebih baik lagi," kata dia.

Pandangan politik David Mathews, kata dia, yang ingin memberdayakan warga negara itu diperlukan demi menghindari berkembangnya perilaku "opportunity behaviour" dari para elit dalam menjalankan kekuasaanya. Menjalankan kekuasaaan sepihak meninggalkan norma dan etik.

"Kondisi ini potensial memunculkan praktik oligarki dan kolusi. Tata kelola seperti ini membuat pemilih makin tidak percaya terhadap partai politik, dan semakin menjauh dari tujuan demokrasi yang sesungguhnya. Partisipasi rakyat "warga" menjadi semakin rendah dalam keikutsertaannya dalam setiap pemilu," kata anggota DPR yang sudah terlilih enam kali ini.(plt)

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...