Bisnis
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 20 Nov 2019 - 22:50:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Sapu Bersih! Erick Evaluasi Semua Anak, Cucu dan Cicit BUMN

tscom_news_photo_1574265036.jpg
Meneg BUMN Erick Thohir (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan gebrakan membenahi BUMN. Memilih "sapu bersih", setelah mengganti seluruj pejabat Eselon I, kini juga akan mengevaluasi dan mengonsolidasikan semua anak, cucu dan cicit perusahaan milik negara. Ini dilakukan lantaran banyak anak, cucu, dan cicit perusahaan negara tersebut yang dibuat tanpa dasar yang jelas.

"Ini akan dikonsolidasikan, artinya kita lagi melihat mana yang bisa digabung, kalau rugi dan bukan core bisnisnya serta tidak menguntungkan harus dievaluasi ulang, kalau bisa ditutup maka ditutup saja," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Arya mengatakan kalau anak perusahaan negara tersebut tujuannya menguntungkan silakan dilanjutkan. "Bayangkan kemarin di data ada 11 perusahaan air minum di bawah BUMN," ujar Arya.

Selain itu, Kementerian BUMN juga menyoroti saling gugat menggugat antarperusahaan negara. "Terdapat 13 kasus yang kami data dan ketahui. Ini akan kita coba untuk ke depannya tidak lagi seperti ini. Harusnya bisa didudukkan sama-sama, sebagai keluarga besar, lucu kalau antarBUMN saling gugat," kata Arya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir bergerak cepat dalam menjalankan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai penciptaan birokrasi yang efektif dan efisien. Untuk itu ia memanggil sejumlah nama yang dinilai dapat bekerja keras membantu menangani sekaligus mengawasi 142 perusahaan milik negara.

Untuk mengelola aset sebesar Rp 8.200 triliun rupiah itu, Menteri BUMN tersebut membutuhkan teamwork yang kompak, yang diisi dengan orang-orang yang bukan hanya cerdas, tetapi juga akhlak yang baik.

Erick menambahkan bahwa dirinya berupaya agar mereka yang ada di dalam lingkungan BUMN, baik di kementerian maupun di unit usaha, adalah orang-orang dengan akhlak yang baik, berarti memiliki integritas tinggi dan komitmen yang kuat.(ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement