Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 21 Nov 2019 - 14:35:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Di EPP, Cak Imin Bicara Investasi dan Emisi Karbon

tscom_news_photo_1574321709.jpg
Muhaimin Iskandar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengajak negara-negara Eropa berinvestasi di Indonesia dan membantu mengurangi emisi gas karbon secara globa saat menghadiriforum partai masyarakat Eropa (Europeans People"s Party/ EPP) di Zagreb, Kroasia, Rabu malam.

"Caranya dengan transformasi dari kendaraan berbasis BBM fosil (pertalite, solar, pertamax) ke berbahan listrik atau biofuel. Maka, sekalian saya ajak berinvestasi, minimal yang hybrid-lah," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut Cak Imin, Indonesia berkomitmen menurunkan kadar emisi gas karbon sebesar 29 persen sampai tahun 2030 dengan usaha menggalakkan bahan bakar nabati (biofuel).

"Biofuel dari sawit pun sedang kita genjot. Tahun depan B30 sudah mandatory, artinya pemerintah RI siap memberi insentif dan kemudahan pengembangan jenis ini secara optimal," terangnya.

Pasalnya, menurut dia, sektor transportasi sangat potensial memberi sumbangan dalam mengatasi peningkatan emisi gas karbon secara global.

Kendaraan dan bahan bakar yang digunakan sangat menentukan seberapa besar emisi gas karbon yang dilepaskan.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah tengah berupaya menekan impor solar agar masyarakat bisa segera beralih dari bahan bakar tersebut.

"Tahun 2020 saya hampir yakin kita bisa stop impor solar. Paling-paling ya hanya meneruskan kontrak impor yang lama. Duitnya bisa digeser untuk menambal BPJS dan lain sebagainya," jelasnya. (ahm)

tag: #cak-imin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement