Oleh Jihan Nadia pada hari Senin, 09 Des 2019 - 07:25:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat Transportasi : Garuda Sebaiknya Dipimpin Orang Seperti Jonan

tscom_news_photo_1575851100.jpg
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ini usulan Pengamat transportasi Djoko Setijowarno. Dia memberi saran agar maskapai Garuda Indonesia dipimpin orang seperti Ignasius Jonan. Alasannya, kepemimpinan Jonan berhasil merombak total dan memajukan PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI.

"Kepemimpinan Ignasius Jonan dalam membenahi dan memajukan PT KAI mungkin bisa ditiru oleh sosok-sosok pemimpin pengganti di direksi Garuda," ujar Djoko Setijowarno saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Pengamat transportasi juga berharap Menteri BUMN Erick Thohir dapat menempatkan mantan Menteri ESDM Jonan sebagai pimpinan direksi di maskapai pelat merah tersebut. "Secara umum, kriteria sosok pemimpin yang layak ditempatkan di Garuda haruslah jujur dan tidak korup. Kalau masih memikirkan kemewahan dirinya jangan jadi direksi BUMN," kata Djoko.

Sebenarnya, lanjut dia, kalau bisa melihat perkembangan BUMN sektor transportasi maka sosok pemimpin yang diperlukan bukan kompetensi dengan ilmunya. Akan tetapi dibutuhkan orang-orang dengan potensi lintas kompetensi atau keahlian serta mau belajar segala hal.

Artinya sosok pemimpin direksi yang ahli dalam kompetensi finansial mau belajar hal-hal teknis penerbangan. Begitu pula mereka yang jago dalam hal teknis mau belajar finansial dan bisnis penerbangan.

Sosok pemimpin dengan potensi lintas keahlian dan mau belajar segala hal tersebut sangat diperlukan oleh Garuda. Tujuannya agar perusahaan dapat bertahan dan terbang tinggi di tengah persaingan bisnis penerbangan nasional maupun internasional yang penuh gejolak.

"Namun jangan lupakan aspek pelayanan, yang namanya sektor transportasi itu bicara pelayanan dan juga keselamatan. Makanya kalau orang sudah bicara pelayanannya bagus maka otomatis keselamatannya juga terjamin," ujar Djoko.

Pengamat transportasi tersebut menilai kemajuan PT KAI bisa dijadikan contoh bagaimana BUMN meningkatkan aspek pelayanannya secara signifikan. Aspek keselamatannya pun ikut meningkat yang terlihat dari angka kecelakaan kereta api yang menurun.(ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Lainnya
Bisnis

Masa Kerja Dari Rumah ASN Diperpanjang Hingga 4 Juni

Oleh Tommy
pada hari Jumat, 29 Mei 2020
JAKARTA-(TEROPONGSENAYAN)- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memperpanjang masa kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil ...
Bisnis

Dana Asing Masuk Indonesia Mencapai Rp 6,15 triliun

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing kembali masuk (inflow) ke Indonesia.Hingga minggu kedua Mei 2020, aliran modal asing mencatat inflow  sebesar ...