Anggota DPR Desak Erick Tegur PT Timah, Ada Apa?

Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 13 Des 2019 - 12:27:03 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1576214823.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Advertisement

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi VI DPR Bambang Patijaya mendesak Menteri BUMN Erick Thohir untuk menegur dan memperingatkan jajaran direksi PT Timah. Desakan ini terkait pengoperasian Kapal Isap Produksi (KIP) di Perairan Matras, Kecamatan Sungailiat, Bangka Belitung dan sekitarnya.

Pengoperasian kapal tersebut menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat. Pro-kontra inilah yang mendapat perhatian Bambang. Dia meminta Erick untuk  menegur direksi PT Timah agar tidak membenturkan masyarakat Bangka Belitung.

"Cara PT Timah dalam menjalankan perusahaan untuk mendapatkan timah ini perlu dikritisi. Membenturkan masyarakat ini bahaya. Mitra-mitra PT Timah mencari timah di laut, jadi sekarang dibenturkan yang pro dan kontra. Yang pro ini biasanya nelayan dan pariwisata dibenturkan oleh masyarakat ini tidak sehat, ini tidak bagus," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Ia berharap, adanya gelombang penolakan oleh masyarakat Bangka Belitung, tidak menjadikan PT Timah justru mengagitasi dengan menurunkan sekelompok masyarakat yang mendukung kegiatan KIP di kawasan pariwisata.

"Ini agitasi. Nanti ada yang menolak dan ada yang mendukung, ribut.Jadi antar kelompok masyarakat dibenturkan," kata politikus Partai Golkar ini.

Bambang kembali meminta Menteri BUMN turun tanggan untuk menyelesaikan persoalan ini.  Jangan sampai, kata dia, masyarakat Babel menjadi korban untuk kepentingan perusahaan.

"Cari timah di lokasi tempat wisata semua.Direksi PT Timah harus diingatkan bukan begini caranya. Menteri BUMN harus menegur direksi PT Tmah, jangan cara mendapatkan timah, masyarakat dibenturkan, dikorbankan," tegas Anggota DPR Dapil Babel ini.

Dia mengutarakan bahwa masyarakat Babel selama ini hidup rukun. Bambang khawatir persoalan ini akan menganggu stabilitas keamanan di Babel, apalagi menuju Pilkada.

"Saya meminta kepada PT Timah agar mencari cara yang elegan dalam operasi KIP mereka. Jangan sampai membenturkan masyarakat yang pro dan kontra," tandasnya. (plt)

tag: #dpr  

Bagikan Berita ini :