Oleh pamudji pada hari Sabtu, 28 Des 2019 - 08:42:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Lewat Komik, Seniman Jepang Ungkap Derita Muslim Uighur

tscom_news_photo_1577497364.jpg
Komik "What Has Happened to Me" berkisah tentang penderitaan Muslim Uighur, Xinjiang, China (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Penderitaan Muslim Uighur, Xinjiang, China, terungkap dalam komik karya seniman Jepang, Tomomi Shimizu. Komik berjudul "What Has Happened to Me" ini telah dibaca lebih dari 330.000 kali di dunia maya.

Dalam panel bergambar hitam putih, Shimizu bercerita tentang kisah nyata Mihrigul Tursun, perempuan Uighur yang kini tinggal di AS. Dia mengaku dipukuli dan ditahan di China karena statusnya sebagai seorang Uighur.

"Masalah Uighur banyak diketahui di antara orang-orang yang memperhatikan politik. Tapi ini tak banyak diketahui publik pada umumnya. Gap ini mengejutkan," ujar seniman berusia 50 tahun itu.

"Saya memutuskan untuk menggunakan manga demi tujuan ini karena saya percaya manga punya kekuatan untuk mengungkapkan hal-hal pada orang dengan cara yang mudah dimengerti," lanjut dia.

Shimizu menggambar komik dari apa yang ia tonton dari video testimoni Tursun. Dalam komik itu, Tursun ditahan oleh otoritas China walau tidak melakukan tindakan kriminal. Dia dipisahkan dari anak kembar tiganya yang baru berusia 45 hari dan disiksa dengan tongkat listrik.

Dia dibebaskan bersyarat hanya untuk mengetahui bahwa salah satu dari kembar tiganya meninggal dalam tahanan pemerintah. Kemudian, dia dipenjara lagi, di ruangan yang begitu ramai sehingga tahanan harus bergiliran untuk berbaring.

Dia bertanya mengapa harus melewati sekian banyak kesulitan. Seorang petugas mengatakan, "Ini karena kamu adalah Uighur".

"Ada banyak orang yang membutuhkan pertolongan sekarang, orang yang melalui kesulitan ini setiap hari," ujar Shimizu.

Dia mengunggah "What Has Happened to Me" di akun Twitter pada 31 Agustus. Tak lama, pesan-pesan membanjiri dan unggahan itu di-retweet 8000 kali dalam beberapa jam.

"Tanpa diragukan lagi manga buatan Shimizu punya peran penting dalam membuat dunia tahu tentang isu Uighur," kata Ketua Asosiasi Uyghur Jepang Ilham Mahmut.(plt/ant)

tag: #tragedi-uighur  #cina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...