Bisnis

Bank Dunia : Indonesia Perlu Reformasi Pajak, Investasi dan UKM

Oleh Tommy Pardede pada hari Rabu, 05 Feb 2020 - 15:39:44 WIB

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1580891984.jpg

(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia, Mari Elka Pangestu mengatakan pemerintah perlu melakukan reformasi struktural seperti bidang pajak, investasi dan UKM. Langkah ini untuk menarik investor asing, sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

"Diharapkan reformasi itu bisa dilakukan tahun ini sehingga kita bisa mulai melihat investasi mengalir. Tetapi mungkin dampaknya baru mulai terasa tahun depan karena invetasi perlu waktu,"  kata  Mari Elka saat acara "Mandiri Investment Forum 2020" di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (5/2).

Kedepan, Mari Elka memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia  masih tumbuh lima persen pada tahun ini. "Mungkin dari ketidakpastian perdagangan masih ada ya. Banyak hal yang tidak pasti, sehingga investasi masih menunggu,"  kata dia.

Sementara itu, Ekonom Bank Permata Josua Pardede menambahkan secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi pada 2019 tercatat 5,02 persen yoy dari 2018 yang tercatat 5,17 persen yoy.

"Konsumsi rumah tangga cenderung stabil secara keseluruhan, namun investasi sepanjang 2019 cenderung melambat. Hal seiring tren perlambatan ekonomi global serta meningkatnya tensi dagang di pasar internasional yang diikuti oleh perlambatan ekonomi mitra dagang utama Indoensia, terutama Tiongkok," jelasnya.

tag: #  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement