Oleh Sahlan_ake pada hari Kamis, 20 Feb 2020 - 15:22:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditunjuk Sebagai Bos Freeport, Claus Wamafma: Setelah 20 Tahun Saya Baru Mendapatkan

tscom_news_photo_1582186970.jpg
Claus Wamafma Direktur PT FREEPORT Indonesia (Sumber foto : Antara)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Claus Wamafma mengungkapkan perjalanannya hingga menjadi Direktur PT Freeport Indonesia. Baginya penunjukan dirinya menjadi spesial mengingat Claus menjadi putra asli Papua pertama yang menjadi Direktur di PTFI, bukan didapatinya dengan cara mudah.

Untuk mendapatkan posisinya saat ini, Claus mengatakan, telah mengikuti serangkaian proses yang ada di perusahaan. Bahkan proses yang ia jalani sudah dilakukan sejak awal tahun ini.

"Ada prosesnya. Sejak awal tahun ini sudah berproses," ujarnya saat ditemui di Komplek Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Claus Wamafma yang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President Social Responsibility and Community Development PT Freeport Indonesia.

Menurut Claus, dirinya sudah bekerja di PTFI lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, dirinya diminta untuk mengikuti proses untuk mengisi salah satu posisi di jajaran Direksi.

"Saya kan kerja di site, kemudian diminta berproses. Saya kira normal. Lalu ditunjuk mewakili MIND ID di PTFI ya sesuatu yang tadinya tidak terpikir karena kami 20 tahun bekerja di PTFI," ucapnya.

Dengan penunjukan dirinya sebagai Direktur di PTFI, membuka peluang bagi para putra asli Papua untuk duduk di jajaran Direksi. Apalagi menurutnya, kemampuan putra asli Papua juga tidak kalah dengan tenaga kerja yang ada di PTFI.

"Ini sesuatu yang baik. Buat saya buat karyawan nasional untuk ambil porsi di level Direksi (PTFI)," ucapnya.

Menurut Claus, sebenarnya banyak sekali putra asli Papua yang memiliki kemampuan. Bahkan menurutnya, sudah ada beberapa putra asli Papua yang mengisi jabatan di level menengah atas dan level eksekutif di perusahaan.

"Banyak yang bagus. Jadi ini di PTFI ada kesempatan teman-teman asli Papua tentu lewat proses. Banyaklah saat ini yang sampai jajaran menengah atas dan level eksekutifnya tadi pak Presdir sampaikan ada 10 teman-teman di sana dan manajernya lebih dari 40 hari ini. 45 lah," ucapnya.

Menteri BUMNErick Thohirtelah menunjuk direktur baru PTFreeport IndonesiaasalPapuayakniClaus Wamafma. Penetapan direksi baru itu dilaksanakan di gedung Kementerian BUMN pada 7 Februari 2020 lalu.

"Dia putra Papua yang sudah berkarir selama 20 tahun, dari bawah, dan diusulkan pemerintah mewakili Mind ID di Freeport Indonesia," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Senin (17/2/2020).

tag: #pt-freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement