Oleh Rihad pada hari Thursday, 26 Mar 2020 - 15:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Statistik Membuktikan, Terlambat Lockdown Memperparah Wabah Corona

tscom_news_photo_1585206111.jpg
Anak memakai masker di India (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tidak seperti negara Asia pada umumnya, India bertindak sangat cepat untuk melakukan lockdown. Kebijakan lockdown selama tiga pekan diumumkan Perdana Menteri Narendra Modi pada Selasa (24/03) malam.

Dikutip dari Theprint, saat itu India melaporkan lebih dari 500 kasus positif Corona dan 10 di antara mereka meninggal dunia. Kebijakan ini dikritik karena akan menyengsarakan orang miskin di India. Namun pemerintah India belajar dari cara Cina menangani virus ini yang dianggap berhasil menurunkan jumlah korban.

Kunci keberhasilan Cina adalah melakukan lockdown wilayah Wuhan dan beberapa daerah lain segera setelah ada korban virus Corona. Cina melakukan lockdown ketika jumlah korban baru mencapai 30 orang meninggal. Dalam sekitar dua bulan, Cina telah berhasil menurunkan jumlah kasus baru setiap hari menjadi satu digit.

Teropong Juga:

Wapres: Yang Penting Disiplin, Bukan Lockdown atau Social Distancing

Sementara beberapa negara lain melakukan lockdown ketika korban sudah banyak. Dari statistik terlihat bahwa negara ini dianggap terlambat melaksanakan lockdown dan jumlah korban ternyata sulit dikendalikan. Sebagai contoh, Italia menerapkan lockdown setelah jatuh korban meninggal 800 orang.

Semakin banyak bukti bahwa semakin cepat suatu negara memberlakukan lockdown, semakin sedikit jumlah kematian yang kemungkinan akan terjadi.

Data yang dikumpulkan oleh Financial Times menunjukkan bahwa Cina menerapkan lockdown setelah 30 kematian, Italia setelah 800 kematian, Inggris setelah 335 kematian, Spanyol setelah 200 kematian, dan Prancis setelah 175 kematian. Analisis tersebut menunjukkan "jumlah korban jiwa tumbuh lebih cepat di Italia dan Spanyol daripada di Tiongkok".

Para ahli berpendapat bahwa negara-negara berkembang seperti India, yang memiliki kapasitas perawatan kesehatan terbatas, harus memberlakukan lockdown sedini mungkin. Ini akan membantu meminimalkan korban jiwa dan tidak membebani sistem perawatan kesehatan.

Penerapan Lockdown

Dalam kasus Cina, setelah virus itu menyebar, provinsi Hubei dan ibukotanya, Wuhan, dilakukan lockdown pada 23 Januari. Ada penutupan jalan dan transportasi lengkap, membatasi semua pergerakan di kota, termasuk mobil pribadi. Semua aktivitas komersial ditutup. Sebagian besar penduduk Wuhan tinggal di kompleks perumahan dan tidak ada yang diizinkan untuk mengunjungi mereka. Sebagian besar kompleks ini dijaga oleh penjaga keamanan yang memastikan tidak ada yang meninggalkan rumah mereka.

Orang-orang yang diizinkan pergi hanya untuk membeli bahan makanan dan obat-obatan. Hanya satu anggota keluarga yang bisa pergi ke toko kelontong setiap hari, dan terpaksa memakai masker. Dan sebagian besar penduduk tidak diperbolehkan meninggalkan rumah mereka dan diminta untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari. Lingkup dan skala dari kuncian India sangat mirip dengan Cina.

Sebagai perbandingan, baik Italia dan Spanyol secara bertahap membatasi kehidupan publik. Pembatasan apa yang diizinkan dilakukan oleh warga menjadi ketat seiring waktu di kedua negara.

Di Italia, pemerintah pertama memerintahkan kuncian hanya di wilayah utara dan kemudian melebar ke selatan. Tidak seperti Cina, pemerintah Italia tidak memerintahkan penutupan transportasi dan aktivitas komersial sepenuhnya. Perjalanan lokal dilarang, kecuali untuk "situasi kerja yang mendesak, dapat diverifikasi dan alasan darurat atau kesehatan". Jadi, meskipun dalam jumlah yang berkurang, orang terus bekerja untuk waktu yang lama.

Menurut cendekiawan epidemiologi, Italia tidak memberlakukan lockdown yang ketat dan memilih untuk meningkatkan pembatasan secara bertahap, menyebabkan penularan lebih cepat.

Di Cina, lockdown tetap berlaku selama lebih dari dua bulan. Sekarang pemerintah baru saja mencabut beberapa pembatasan pada kehidupan publik. Meskipun beberapa pembatasan dicabut di provinsi Hubei, ibu kotanya, Wuhan - pusat gempa asli - akan terus diberlakukan lockdown hingga 8 April. Pada tahap ini, Cina sudah tidak ada pasien baru. Kesuksesan Cina inilah yang ditiru India.


tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement