Oleh windarto pada hari Sabtu, 28 Mar 2020 - 11:15:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Baznas Bazis DKI Salurkan 4 Ruang Basmi Kuman untuk Pemprov DKI

tscom_news_photo_1585368929.jpg
ruang basmi kuman atau bilik disinfektan yang ada di Balai Kota DKI (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima bantuan berupa ruang disinfektan atau disebut "ruang basmi kuman" dari Baznas Bazis DKI untuk mensterilkan badan di fasilitas-fasilitas umum dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di Ibu Kota.

"Hari ini kami menyerahkan (ruang basmi kuman) di empat lokasi. Pertama di Halte Harmoni, kedua di Balai Kota, ketiga di Dinas Kesehatan, dan keempat di RSK Duren Sawit," kata Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta Luthfi Fathullah, di Pendopo Balai Kota, Jumat.

Ruang basmi kuman itu berbeda dengan ruang disinfektan pada umumnya yang berbentuk " sprayer" atau semprotan karena menggunakan pengoperasian "humidifier" atau pengembunan.

"Kita pakai humidifier yang kita harapkan butirannya lebih lembut dan bisa mengenai badan. Kita juga memilih bentuk terowongan, yang diharapkan lebih optimal menjangkau seluruh badan lewat pengembunan alat yang kita pakai," kata Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Bazis DKI Jakarta, Saat Suharto.

Alat itu nantinya akan menyemprotkan bahan aktif berupa "Benzalkonium klorida" yang berfungsi sebagai antiseptik yang diembunkan dan dapat mengenai seluruh badan orang yang masuk ke dalam ruang basmi kuman itu.

Rencananya ruang-ruang disinfektan itu akan ditambahkan secara bertahap khususnya di tempat- tempat publik seperti halte TransJakarta ataupun halte MRT.

"Ketersediaan alatnya cukup sulit, jadi kami tidak berani menyebutkan yang kami mampu. Tapi nawa (niatnya) kami 100 buah," kata Ketua Baznas Bazis DKI Luthfi Fathullah.

(Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Sabdo Kurnianto sebagai perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta mengapreasiasi bantuan yang diberikan oleh Baznas Bazis DKI itu, ia pun mengatakan pemerintah terbuka berkolaborasi dengan masyarakat bekerjasama memerangi COVID-19.

"Masyarakat yang mau bekerjasama dengan Pemprov DKI, kami sangat mengharapkan, kebersamaan dalam rangka memberikan amal bakti ke pada DKI Jakarta khususnya Indonesia. Masyarakat yang mau bekerjasama dapat menghubungi biro kerja sama," kata Sabdo. (AI)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...