Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 30 Apr 2020 - 16:04:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahri Hamzah : Kewenangan Presiden Kerap Diambil 'Pihak' Tertentu

tscom_news_photo_1588236175.jpeg
Fahri Hamzah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah mengatakan kewenangan presiden kerap diambil pihak tertentu setiap harinya.

Menurutnya, kewenangan Presiden tidak boleh dirampas oleh pejabat dibawahnya seperti menteri, gubernur maupun bupati dan wali kota.

"Dengan segala maaf, kewenangan bapak presiden kita diambil orang setiap hari. Itu harus diperbaiki," kata Fahri melalui keterangan tertulisnya, Kamis (30/04/2020).

Fahri menegaskan kalau Presiden juga seharusnya bisa membagi tugas dalam menjalankan roda pemerintahan antara pusat dan daerah.

"Presiden harus paham bagaimana membagi tugas dalam menjalankan sistem otonomi," tegasnya.

Mantan Wakil Ketua DPR itu menyatakan bahwa ia sering mengingatkan presiden beserta para pembantunya, tentang sistem presidensialisme yang punya prosedur dalam bekerja.

Hal ini ditambah kalau bangsa ini sudah menjalani demokrasi selama lebih 20 tahun, sehingga sistemnya sudah ada dan sudah diuji.

"Tinggal nakhodanya mampu enggak menggunakan sistem ini untuk berhadapan dengan krisis. Presiden itu penanggung jawab tertinggi, presiden tidak boleh tampak dirampas kewenangannya oleh menteri oleh gubernur, bupati, kepala desa," ujarnya.

Politisi asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menyebut kalau kewenangan Presiden sangat dibutuhkan negara untuk kondisi saat ini ditengah menghadapi pandemi corona.

Kemampuan negara ditengah krisis sangat menentukan nasib masyarakat, menurutnya kemampuan politisi yang sedang berkuasa memang tidak kuat.

"Negara yang tidak hebat, ya mungkin rakyatnya kuat, tetapi negaranya ketar ketir. Misalnya kayak negara kita. Terus terang kemampuan politisi kita, yang sedang berkuasa ini persoalannya ini, memang tidak kuat," pungkasnya.

tag: #fahri-hamzah  #jokowi  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...