Ragam
Oleh Rihad pada hari Friday, 15 Mei 2020 - 07:31:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Unpad dan ITB Buat Rapid Test Lebih Akurat dan Murah Pula

tscom_news_photo_1589494378.jpg
Ridwan Kamil perkenalkan karya UNPAD dan ITB (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil membuat dua alat tes Covid yakni Rapid Test 2.0 dan Surface Plasmon Resonance (SPR).

Rapid Test 2.0 memiliki akurasi lebih tinggi dibanding alat rapid test sebelumnya. Akurasi Rapid Test 2.0, mencapai 80 persen. “Ini karena Rapid Test 2.0 tidak menguji sampel darah, tetapi swab,” kata Ridwan Kamil saat memperkenalkan alat tersebut, Kamis (14/5).

Rapid test yang selama ini digunakan hanya mendeteksi keberadaan benda asing di dalam tubuh melalui antibodi, namun tidak spesifik ke virus. “Kalau yang Rapid Test 2.0 ini menggunakan antigen, jadi virusnya ketemu,” ucapnya.

Untuk tahap awal, Rapid Test 2.0 akan diproduksi sebanyak 5.000 pada Juni 2020 oleh industri biotek di Jabar. Tahap selanjutnya, Rapid Test 2.0 akan diproduksi sebanyak 50.000. “Harganya lebih murah. Kalau RDT yang selama ini beredar kan sampai Rp300 ribu, kalau ini maksimal hanya Rp120 ribu,” katanya.

Kemudian, alat tes COVID-19 yang kedua yaitu tes diagnostik cepat berbasis teknik resonansi plasmon atau Surface Plasmon Resonance (SPR) yang fokus mendeteksi antigen, yaitu SARS-Cov-2, virus penyebab COVID-19.

SPR berbeda dengan tes swab dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). SPR, kata ia, tidak memerlukan laboratorium saat menguji spesimen.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk tes dengan SPR lebih cepat daripada metode PCR.

tag: #corona  #rapid-test  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...