Oleh Aries Kelana pada hari Jumat, 22 Mei 2020 - 22:36:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Keluarga Khashoggi Memaafkan Pembunuhnya, Hukuman Mati jadi Batal?

tscom_news_photo_1590161796.jpg
Jamal Khashoggi (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Keluarga jurnalis Saudi yang terbunuh Jamal Khashoggi mengatakan pada hari Jumat mereka memaafkan para pembunuhnya, membuka jalan bagi penangguhan hukuman bagi lima terdakwa yang dihukum mati karena kejahatan yang merusak citra penguasa kerajaan secara de facto.

"Jika seseorang memaafkan dan membuat rekonsiliasi, hadiahnya adalah dari Allah," putra Khashoggi tak disebutkan namanya dalam twitternya yang dikutip reuters.com (22/5/2020).

Ucapannya mengutip salah satu ayat di dalam Kitab Suci AlQuran. "Karena itu, kami para putra syuhada Jamal Khashoggi mengumumkan bahwa kami mengampuni mereka yang membunuh ayah kami".

Di Arab Saudi, yang tidak memiliki sistem hukum terkodifikasi dan mengikuti hukum Islam, pengampunan dari keluarga korban dalam kasus-kasus semacam itu dapat memungkinkan pengampunan formal dan penundaan eksekusi.

Pembunuhan itu menyebabkan kegemparan global dan menodai citra Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Pejabat Saudi membantah bahwa Salman berperan, meskipun pada September 2019 sang pangeran menunjukkan beberapa pertanggungjawaban pribadi, dengan mengatakan "itu terjadi di bawah pengawasan saya".

Pengadilan yang menmvonis mati 5 terpidana yang dianggap terlibat dalam pembunuhan Khasshogi. Pengadilan setempat mengatakan bahwa pembunuhan itu direncanakan. Namun penyelidikan yang digarap Perserikatan Bangsa-bangsa menyebutkan pembunuhan itu direncanakan.

Khashoggi terakhir kali terlihat di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, di mana ia pergi untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahannya yang akan datang. Tubuhnya dilaporkan dipotong-potong dan dikeluarkan dari gedung, dan jenazahnya belum ditemukan.

tag: #arab-saudi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Rizal Ramli Nilai MK Lebih Mendengar Suara Kekuasaan

Oleh Rihad
pada hari Minggu, 17 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ekonom senior Rizal Ramli masih kecewa dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatannya atas aturan ambang batas pencalonan presiden (presidential ...
Berita

Kapal China Masuk RI, Ini Alasan Bakamla

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengklaim berhasil menghalau Kapal Pengawas Perikanan Vietnam Kiem Ngu 215 yang memasuki wilayah perairan Indonesia di Laut Natuna, ...