Oleh Aries Kelana pada hari Jumat, 29 Mei 2020 - 21:49:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Gegara Duduk Di Kursi Oposisi, Mahathir Dipecat Dari Partai

tscom_news_photo_1590763789.jpg
Mahathir Muhammad (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Gegara duduk di kursi partai oposisi pada waktu Raja Malaysia pidato parlemen Malaysia 18 Mei lalu, Mahathir Mohamad, mantan Perdana Menteri Malaysia, dipecat dari partainya: Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu).

Waktu itu ia dianggap mbalelo karena tidak duduk dengan koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin oleh Muhyiddin Yassin yang juga Perdana Menteri Malaysia yang ditunjuk Raja.

Selain Mahathir, Mukhriz Mahathir, Syed Saddiq Abdul Rahman, Amiruddin Hamzah dan Maszlee Malik juga dipecat.

Seperti disiarkan channelnewsasia.com (29/5/2020), mereka diberitahu bahwa mereka telah dipecat dari partai dengan surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Eksekutif Bersatu, Muhammad Suhaimi Yahya.

Pasca pemecatan itu, Mahathir menegaskan bahwa di mana ia duduk selama parlemen satu hari duduk seharusnya tidak menjadi penyebab pemecatannya dari Bersatu.

"Tidak ada ketentuan dalam konstitusi (partai) mengenai tempat saya duduk. Saya bisa duduk di mana saja, saya tidak melakukan apa pun terhadap konstitusi.,” katanya dalam jumpa pers yang digelar di kantor Bersatu, Petailing Jaya, Selangor.

"(Duduk dengan blok oposisi) tidak berarti saya telah meninggalkan partai. Saya bisa duduk di mana saja di parlemen," imbuhnya kepada wartawan.

Mahathir pada Mei 2018 memimpin koalisi Pakatan Harapan (PH) meraih kemenang dalam pemilihan umum dan menjadi Perdana Menteri.

Namun, Muhyiddin Yassin, yang adalah presiden Bersatu, memimpin partai keluar dari PH pada bulan Februari tahun ini. Lalu Mahathir mengundurkan diri sebagai perdana menteri, memicu runtuhnya pemerintahan PH.

tag: #muhyiddin-yassin  #malaysia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Bupati Kutai Timur Beserta Istri Jadi Tersangka Suap

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 03 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Kutai Timur Ismunandar dan istrinya, Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur Encek Unguria, sebagai tersangka dugaan ...
Berita

Bogor Izinkan Pesantren di 40 Kecamatan Mulai Belajar Lagi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat kembali membolehkan Pondok Pesantren di 40 kecamatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). "Aktivitas sekolah dan ...