Oleh Tommy pada hari Senin, 01 Jun 2020 - 15:59:14 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR : Pemerintah Perlu Pastikan Keselamatan WNI di AS

tscom_news_photo_1591001954.jpg
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah perlu memastikan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) di Amerika Serikat (AS) ditengah aksi demonstrasi besar-besaran disertai penjarahan sebagai protes atas tindakan polisi yang membunuh warga kulit hitam George Floyd.

"Pembunuhan itu dianggap sebagai tindakan rasis. Pemerintah Indonesia melalui perwakilan Indonesia di AS harus memastikan dan mengikuti dari dekat perkembangan di AS. Itu menyusul aksi kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di AS. Apalagi ini punya potensi semakin meluas," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, di Jakarta, Senin (1/6).

Meutya meminta perwakilan Indonesia di AS agar mengumpulkan para WNI di satu tempat. Hal itu untuk memudahkan koordinasi dan upaya penyelamatan. Pihak perwakilan harus aktif menghubungi WNI secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka.

"Terus berikan informasi melalui website resmi maupun hotline atau aplikasi yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri untuk memberikan kondisi dan informasi secara update. Sekaligus juga memberikan imbauan agar WNI di sana, sebisa mungkin untuk tidak keluar rumah hingga situasi aman terkendali," ujar Meutya.

Meutya berharap pemerintah AS bisa meredam gejolak kerusuhan (chaos) dengan memastikan perbedaan perlakukan tidak terjadi lagi di sana. Apalagi negara Pam Sam itu, memilikiDeclaration of Independence, sebagai bagian dari sejarah terbentuknya negara Amerika Serikat. Deklarasi kemerdekaan yang memuat poin-poin yang dijadikan dasar dari sebuah kekuatan bagi kebebasan umat manusia yaitu Hak Asasi Manusia (HAM).

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Soal PP Statuta UI, Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham: Semua Pihak Harus Tenang dan Objektif

Oleh La Aswan
pada hari Sabtu, 24 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham Freddy Harris menduga ada permainan politik di balik isu rangkap jabatan Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro. Freddy ...
Berita

DPR Minta Aparat Polisi Selidiki Hilangnya Obat Terapi Covid-19

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad meminta polisi menyelidiki kosongnya obat-obatan terapi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Dasco menanggapi ...