Oleh Tommy pada hari Senin, 01 Jun 2020 - 15:59:14 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR : Pemerintah Perlu Pastikan Keselamatan WNI di AS

tscom_news_photo_1591001954.jpg
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah perlu memastikan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) di Amerika Serikat (AS) ditengah aksi demonstrasi besar-besaran disertai penjarahan sebagai protes atas tindakan polisi yang membunuh warga kulit hitam George Floyd.

"Pembunuhan itu dianggap sebagai tindakan rasis. Pemerintah Indonesia melalui perwakilan Indonesia di AS harus memastikan dan mengikuti dari dekat perkembangan di AS. Itu menyusul aksi kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di AS. Apalagi ini punya potensi semakin meluas," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, di Jakarta, Senin (1/6).

Meutya meminta perwakilan Indonesia di AS agar mengumpulkan para WNI di satu tempat. Hal itu untuk memudahkan koordinasi dan upaya penyelamatan. Pihak perwakilan harus aktif menghubungi WNI secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka.

"Terus berikan informasi melalui website resmi maupun hotline atau aplikasi yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri untuk memberikan kondisi dan informasi secara update. Sekaligus juga memberikan imbauan agar WNI di sana, sebisa mungkin untuk tidak keluar rumah hingga situasi aman terkendali," ujar Meutya.

Meutya berharap pemerintah AS bisa meredam gejolak kerusuhan (chaos) dengan memastikan perbedaan perlakukan tidak terjadi lagi di sana. Apalagi negara Pam Sam itu, memilikiDeclaration of Independence, sebagai bagian dari sejarah terbentuknya negara Amerika Serikat. Deklarasi kemerdekaan yang memuat poin-poin yang dijadikan dasar dari sebuah kekuatan bagi kebebasan umat manusia yaitu Hak Asasi Manusia (HAM).

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...