Bisnis
Oleh Rihad pada hari Wednesday, 03 Jun 2020 - 17:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Facebook dan Paypal Jadi Investor Baru Gojek, UMKM Akan Rasakan Faedahnya?

tscom_news_photo_1591181305.jpg
Gojek (Sumber foto : Ist)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)- Gojek telah mendapatkan investor baru, yaitu Facebook dan Paypal. Tak hanya itu, Gojek merupakan perusahaan Indonesia pertama yang menerima investasi dari Facebook. Sebelumnya, Gojek juga sudah mengumumkan secara resmi bahwa Google dan Tencent merupakan investor dari perusahaan ojek online dan pembayaran digital tersebut.

Bergabungnya investor dunia ini dilakukan untuk mendukung Gojek dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan. Gojek akan mendorong penggunaan pembayaran digital dari Gojek, yaitu Gopay untuk usaha kecil dan menengah yang beroperasi di toko-toko pinggir jalan hingga bisnis berskala besar yang ingin memperkuat infrastruktur pembayaran digital mereka.

Dukungan dana dari para investor akan membantu mempercepat misi tersebut. Terlebih, mayoritas UMKM di Asia Tenggara masih mengandalkan uang tunai dalam bertransaksi, karena sebagian besar masyarakat di wilayah ini belum memiliki layanan perbankan.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan dengan bergabungnya Facebook, Paypal, Google dan Tencent merupakan pengakuan dari para perusahaan teknologi paling inovatif di dunia bahwa Gojek memiliki dampak positif terhadap Indonesia dan Asia Tenggara. "Melalui kerjasama ini pihaknya memiliki kesempatan untuk mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital," kata Andre Rabu (3/6/2020).

Sejak diluncurkan pada 2015, Gojek telah berhasil membantu ratusan ribu merchant untuk melakukan digitalisasi dan memberikan akses kepada lebih dari 170 juta pengguna Gojek di seluruh Asia Tenggara. Selain itu, Gojek merupakan layanan dompet digital tersebar di Indonesia dengan memfasilitasi miliaran transaksi setiap tahun.

Sebagian besar dari pencapaian ini adalah kontribusi dari GoFood, layanan antar makanan terbesar di Indonesia dan perluasan cakupan layanan GoPay di sektor lain di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.

Dengan bekerja sama, Andre menyebut pihaknya memiliki kesempatan untuk mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital.

Layanan pembayaran digital dari Gojek, yaitu GoPay, sejak lama berfokus untuk meningkatkan akses ekonomi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bergabungnya perusahaan teknologi global itu bersama Gojek disebut akan membantu mempercepat misi tersebut.

Sementara itu, Gojek dan PayPal menyepakati layanan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke Gojek. Kedua perusahaan ini akan berkolaborasi dan membuka akses bagi para pengguna GoPay ke jaringan PayPal yang terdiri dari 25 juta merchant di seluruh dunia.

Head of Corporate Development and Ventures for APAC PayPal Farhad Maleki mengatakan Asia Tenggara sedang berada di titik yang sangat krusial dalam proses adopsi digital yang dapat menciptakan kesempatan baru untuk memberikan layanan finansial kepada konsumen maupun penyedia layanan atau merchant yang selama ini belum terhubung ke layanan perbankan.

"Kami sangat bersemangat dalam memasuki sebuah hubungan strategis dengan Gojek untuk memperluas akses dan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna kami di pasar yang sangat dinamis ini dan di seluruh dunia," ujarnya.

tag: #gojek  #facebook  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Teropong Public Relation Award 2020
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Bisnis Lainnya
Bisnis

Legislator PKS Minta Pemerintah Berikan Kebijakan Tambahan Untuk UMKM

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Jumat, 23 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi Keuangan (Komisi XI DPR), Anis Byarwati, menilai realisasi program stimulus penanganan ekonomi saat pandemi COVID-19 yang terangkum dalam Program Pemulihan ...
Bisnis

Hari Santri 2020, LPDB-KUMKM Gandeng Santri dalam Upaya Pendampingan Dana Bergulir

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Upaya menindaklanjuti atas dikeluarkannya Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penyaluran Pinjaman atau Pembiayaan Dana Bergulir ...