Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 29 Mei 2015 - 15:34:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Imam Prasodjo Bilang TNI Aktif Bisa Daftar Capim KPK

75ImamPrasodjo.JPG
Imam Prasodjo (pegang mic) (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan anggota panitia seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Imam Prasodjo mengatakan, TNI aktif maupun purnawirawan bisa mendaftarkan diri menjadi Capim KPK.

"Mereka kan sama, manusia biasa, tapi begitu terpilih harus mundur dari jabatan sebelumnya," kata Imam usai bertemu dengan Pansel KPK di Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (28/5/2015).

Menurut Imam, saat ini KPK tak hanya membutuhkan pimpinan yang berposisi sebagai 'penyerang' dalam pemberantasan tindak pidana rasuah.

"Jangan semuanya penyerang, harus ada 'kiper' dan 'bek'," ungkap dia.

Sosiolog dari Universitas Indonesia itu berharap, pimpinan KPK dituntut memiliki jiwa kepemimpinan. Apalagi nantinya bakal sering berhadapan langsung dengan anggota DPR dan Presiden.

Diketahui, panitia seleksi calon ‎pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi membuka pendaftaran mulai 5 - 24 Juni 2015. Pelamar yang berminat bisa mengirimkan dokumennya langsung kepada sekretariat panitia seleksi atau melalui email.

Juru bicara pansel KPK, Betti Alisjahbana mengatakan bahwa panitia seleksi tak hanya menunggu, tapi juga menjemput bola, ke para peminat. Hal ini dilakukan untuk menjaring lebih banyak calon yang mumpuni. Apalagi seleksi ini tak ada kuota.

Setelah pendaftaran, panitia akan mengumumkan calon-calon yang lolos seleksi administrasi pada 27 Juni. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi publik memberi masukan. Tahapan selanjutnya adalah penulusuran makalah, serta proses assesment.

Panitia diberi tenggat hingga 31 Agustus 2015 untuk menyerahkan delapan nama calon kepada presiden. Presiden kemudian menyerahkan nama calon ke DPR. ‎(yn)

tag: #pimpinan kpk. kpk  #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement