Oleh Givary Apriman pada hari Jumat, 12 Jun 2020 - 20:45:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat : Batalkan Keberangkatan Haji Sepihak, Maka Pemerintah Telah Melawan Hukum

tscom_news_photo_1591969122.JPG
Pelaksanaan Ibadah Haji (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah Arab Saudi membuka peluang untuk melakukan pelaksanaan ibadah haji untuk tahun 2020, maka artinya debat tidak lagi dibutuhkan.

Pengamat Politik Abdullah Rasyid mengatakan bila pemerintah Arab Saudi membuka pelaksanakan ibadah haji maka pemerintah Indonesia harus mengikuti kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk ibadah haji.

Menurutnya, bila Pemerintah Indonesia bersikukuh untuk membatalkan keberangkatan haji tahun ini maka artinya pemerintah telah melawan hukum.

"Bila itu yg terjadi, sama artinya pemerintah melakukan perbuatan melawan hukum pada satu sisi dan pada sisi lain tidak dapat melaksanakan kewajiban konstitusionalnya," kata Abdullah, melalui pesan singkatnya, Jumat (12/06/2020)."Tentu implikasinya berat bagi pemerintah," sambungnya.

Direktur Sabang Merauke Institute tersebut menuturkan bila sampai keberangkatan haji tahun 2020 dibuka oleh Arab Saudi maka pemerintah RI wajin bertanggung jawab.

"Bila sampai gagal keberangkatan haji tahun 2020 sementara Arab Saudi menyatakan membuka pelaksanaan ibadah Haji tahun ini, maka secara konstitusional pemerintah RI, harus bertanggung jawab baik secara hukum maupun politik," tuturnya.

Abdullah menyatakan kalau pemerintah harus mempersiapkan langkah konkrit bila nantinya pelaksanaan ibadah haji disetujui oleh pemerintah Arab Saudi.

"Kesiapan pemerintah perlu dipersiapkan, Menag agar Jemaah Haji Indonesia bisa berangkat, itu yang diperlukan," ujarnya.

Abdullah menutup semoga pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana untuk tahun 2020 ini dan pemerintah dapat melaksanakan kewajiban.

"Semoga pemerintah bisa melaksanakan kewajibannya dan jamaah Indonesia tetap dapat melaksanakan ibadah haji pada tahun 2020 ini," pungkasnya.

tag: #haji  #arab-saudi  #kementerian-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...