Oleh Aries Kelana pada hari Selasa, 16 Jun 2020 - 19:28:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Perusahaan AS Boleh Berbisnis Dengan Huawei, AS Mulai Melunak Pada Cina?

tscom_news_photo_1592310492.jpg
Huawei (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Selama ini jika mendengar nama Cina, pemerintah Amerika Serikat (AS) seperti “alergi”. Semua kerjasama yangs udah dijalin sebagian diputus, impor barang dari Cina dikenakan tarif. Bahkan semua perusahaan AS tak boleh menggandeng Huawei, perusahaan seluler asal Cina.

Namun dua hari ini, terlihat perubahan kebijakan Gedung Putih. Washington mengubah larangan terhadap perusahaan negeri Paman Sam yng ingin bekerjasama dengan perusahaan perintis teknologi 5G.

Itu terlihat dari keluarnya beleid yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS. Menurut informasi dari pejabat di Departemen tersebut, sudah meneken perubahan peraturan itu. Kini tinggal menunggu ijin publikasi peraturan tersebut dalam Daftar terbaru perdagangan dari negara Federal.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengkonfirmasi berita tersebut. “Departemen berkomitmen untuk melindungi kepentingan keamanan luar negeri dan kebijakan luar negeri AS dengan mendorong industri AS untuk sepenuhnya terlibat dan mengadvokasi teknologi AS untuk menjadi standar internasional,” kata Ross dalam reuters.com (16/6/2020).

Menurutnya, AS perlu berpartisipasi dalam teknologi masa depan 5G yang berperan dalam kecerdasan buatan, kendaraan tanpa pengemudi, dan sebagainya.

Dalam industri telekomunikasi, 5G, atau jaringan nirkabel generasi kelima diharapkan memberi daya segalanya mulai dari transmisi video berkecepatan tinggi hingga mobil tanpa pengemudi.

Menanggapi berita tersebut Huawei tidak bersedia memberikan komentarnya.

Langkah Departemen Perdagangan itu tentu mengejutkan. Sebab, tahun lalu, pemerintah Washington menempatkan Huawei pada daftar entitas yang disebut Departemen Perdagangan, yang tidak boleh melakukan penjualan kepada perusahaan AS dengan alasan keamanan nasional.

tag: #huawei  #amerika-serikat  #teknologi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Kaca Mobil Pecah karena Tindak Kejahatan Apakah Diganti oleh Asuransi?

Oleh windarto
pada hari Kamis, 06 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tak dapat dipungkiri bagi warga yang tinggal di kota besar, mobil menjadi alat transportasi andalan untuk membantu mobilitas harian. Namun risiko tindak kejahatan dapat ...
Bisnis

Bali dibuka Kembali Munculkan Angin Segar untuk Asuransi Perjalanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dibukanya kembali Bali sebagai destinasi wisata domestik pada 31 Juli lalu, merupakan angin segar untuk pelaku industri pariwisata termasuk asuransi perjalanan. Hal ini ...