Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 23 Jun 2020 - 12:10:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Arab Saudi Tetap Selenggarakan Ibadah Haji 2020, Tapi Khusus Jemaah Dalam Negeri

tscom_news_photo_1592886601.jpg
Ilustrasi jemah haji di Masjidil Haram (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengumumkan akan tetap menyelenggarakan ibadah haji tahun 2020/1441 H. Namun, pelaksanaan haji terbatas hanya untuk jemaah yang sudah tinggal dan berada di dalam wilayah Arab Saudi.

Warga negara manapun yang sudah tinggal lebih dulu sebelum Kerajaan itu menutup kedatangan warga asing masuk, tetap diperbolehkan menjalankan ibadah haji.

"Diputuskan untuk tetap mengadakan ibadah haji tahun ini dengan jumlah yang sangat terbatas ... dengan berbagai warga negara yang berbeda di kerajaan itu," demikian pengumuman kantor resmi Saudi Press Agency, seperti dikutip AlJazeera, Selasa (23/6/2020).

Keputusan itu diambil sehubungan dengan peningkatan kasus COVID-19 di seluruh dunia. Hak lain yang jadi pertimbangan karena kurangnya vaksin dan kekhawatiran terjadi kontak fisik jika semua jemaah haji didatangkan.

Sementara itu, untuk jemaah yang diperbolehkan melaksanakan haji, tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan mengenakan masker.


TEROPONG JUGA:

>Pembatalan Haji, dan Dampak untuk Ratusan Ribu Jamaah


Untuk diketahui, jumlah kasus Covid-19 di Arab Saudi telah melebihi 160.000, dengan 1.307 kematian, menyusul peningkatan kasus infeksi baru selama dua minggu terakhir. Sekitar 2,5 juta peziarah biasanya mengunjungi situs-situs Islam paling suci di Mekkah dan Madinah selama pelaksanaan ibadah haji.

Di Indonesia, Menteri Agama Fachrul Razi sebelumnya memutuskan untuk meniadakan pemberangkatan haji tahun ini dikarenakan pandemi korona yang masih berlangsung hingga saat ini.

Keputusan ini diambil setelah melakukan kajian mendalam, serta pemerintah Arab Saudi yang saat itu belum kunjung memberikan kepastian pembukaan akses bagi jemaah haji. Padahal, kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan akan mulai berangkat pada 26 Juni 2020.

tag: #haji  #arab-saudi  #covid-19  #kementerian-agama  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Politikus Demokrat: Saya Tidak Menyerang MAKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 24 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Demokrat (PD) menyoroti kasus yang melibatkan Djoko Tjandra. Partai Demokrat menganggap serangan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kepada Jaksa Agung dalam ...
Berita

Ini Daftar Asuransi Tersehat di Teropong Insurance Award 2020

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Media Teropong Senayan menggelar Teropong Insurance Award (TIA) 2020 hari ini, Kamis (24/9/2019) secara virtual melalui aplikasi Zoom. Ajang ini merupakan bentuk ...