Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 23 Jun 2020 - 12:10:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Arab Saudi Tetap Selenggarakan Ibadah Haji 2020, Tapi Khusus Jemaah Dalam Negeri

tscom_news_photo_1592886601.jpg
Ilustrasi jemah haji di Masjidil Haram (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengumumkan akan tetap menyelenggarakan ibadah haji tahun 2020/1441 H. Namun, pelaksanaan haji terbatas hanya untuk jemaah yang sudah tinggal dan berada di dalam wilayah Arab Saudi.

Warga negara manapun yang sudah tinggal lebih dulu sebelum Kerajaan itu menutup kedatangan warga asing masuk, tetap diperbolehkan menjalankan ibadah haji.

"Diputuskan untuk tetap mengadakan ibadah haji tahun ini dengan jumlah yang sangat terbatas ... dengan berbagai warga negara yang berbeda di kerajaan itu," demikian pengumuman kantor resmi Saudi Press Agency, seperti dikutip AlJazeera, Selasa (23/6/2020).

Keputusan itu diambil sehubungan dengan peningkatan kasus COVID-19 di seluruh dunia. Hak lain yang jadi pertimbangan karena kurangnya vaksin dan kekhawatiran terjadi kontak fisik jika semua jemaah haji didatangkan.

Sementara itu, untuk jemaah yang diperbolehkan melaksanakan haji, tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan mengenakan masker.


TEROPONG JUGA:

>Pembatalan Haji, dan Dampak untuk Ratusan Ribu Jamaah


Untuk diketahui, jumlah kasus Covid-19 di Arab Saudi telah melebihi 160.000, dengan 1.307 kematian, menyusul peningkatan kasus infeksi baru selama dua minggu terakhir. Sekitar 2,5 juta peziarah biasanya mengunjungi situs-situs Islam paling suci di Mekkah dan Madinah selama pelaksanaan ibadah haji.

Di Indonesia, Menteri Agama Fachrul Razi sebelumnya memutuskan untuk meniadakan pemberangkatan haji tahun ini dikarenakan pandemi korona yang masih berlangsung hingga saat ini.

Keputusan ini diambil setelah melakukan kajian mendalam, serta pemerintah Arab Saudi yang saat itu belum kunjung memberikan kepastian pembukaan akses bagi jemaah haji. Padahal, kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan akan mulai berangkat pada 26 Juni 2020.

tag: #haji  #arab-saudi  #covid-19  #kementerian-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement