Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 08 Jul 2020 - 17:39:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Fraksi PDIP Resmi Copot Rieke Diah Pitaloka Dari Pimpinan Baleg, Karena RUU HIP?

tscom_news_photo_1594204454.JPG
Rieke Diah Pitaloka (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Fraksi PDIP di DPR RI resmi mencopot Rieke Diah Pitaloka dari Pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI Bambang Wuryanto mengatakan kalau penggeseran Rieke dari Pimpinan Baleg tidak ada kaitannya dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

"Tidak ada kaitannya (dengan RUU HIP)," kata Bambang melalui pesan singkatnya, Rabu (08/07/2020).

Bambang menuturkann kalau pergantian Rieke Diah Pitaloka dari Pimpinan Baleg untuk mengawal Rancangan Undang-Undang Omnibus Law.

Fraksi PDIP DPR RI menyebutkan kalau posisi Rieke Diah Pitaloka dari kursi pimpinan Badan Legislasi (Baleg) akan diganti dengan M. Nurdin.

"Surat masuk ke pimpinan (hari ini, Rabu, 8 Juli 2020), sudah saya teken suratnya," tuturnya.

Politisi yang akrab disapa Bambang "pacul" ini memaparkan kalau pergantian Rieke Diah Pitaloka dengan M. Nurdin ini lebih kepada untuk mengawal RUU Omnibus Law Cipta Kerja ini terkait dengan banyak bidang dan membutuhkan koordinasi.

"Beliau adalah perwira tinggi kepolisian. Punya wawasan luas," paparnya.

Sebelum menjadi anggota Dewan, Nurdin adalah anggota Kepolisian Republik Indonesia, Nurdin pensiun dengan pangkat komisaris jenderal dan kini Nurdin berada di Komisi III DPR RI.

Bambang menilai kalau peran Rieke Diah Pitaloka ini lebih berfokus pada sektor pembahasan RUU yang sifatnya fokus pada satu sektor.

Politisi asal Jawa Tengah ini mencontohkan dalam mengegolkan RUU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menjadi undang-undang.

"Untuk kecermatan dan ketelitian kami butuh orang yang punya keahlian berbagai bidang. Kalau fokus, Rieke sudah pernah meloloskan SJSN," pungkasnya.

tag: #baleg-dpr  #dpr  #pdip  #ruu-hip  #omnibus-law  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Teropong Public Relation Award 2020
advertisement
Teropong Democracy Award 2020
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Bamsoet Terima Anugerah 'Rising Star of Democracy' dari Teropong Senayan

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Rabu, 28 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendapatkan penghargaan "Rising Star of Democracy" dalam acara Anugerah Teropong Democracy Award 2020, yang diselenggarakan oleh ...
Berita

Diskusi Progres 98 dan Tokoh Lintas Aktivis: Menolak Demo Anarkis dan Politik Destruktif

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Berbagai persoalan politik bangsa yang terjadi di Indonesia sangat menarik untuk disikapi. Karena itu, perlu adanya evaluasi yang komprehensif terkait dinamika politik ...