Oleh Givary Apriman pada hari Sabtu, 11 Jul 2020 - 20:27:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Pencalonan Gibran dan Bobby Di Pilkada, Ibarat Buah Simalakama Bagi PDIP

tscom_news_photo_1594473977.jpg
Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam waktu dekat ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan kembali calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2020.

Rencananya, pengumuman klaster kedua ini akan disampaikan dalam waktu dekat, yakni pada rentan waktu 11 sampai dengan 18 Juli ini.

Nasib dua keluarga inti Presiden Jokowi, yakni anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan menantunya M. Bobby Afif Nasution masing-masing di Pilkada Solo dan Medan akan diumumkan pada klaster kedua ini.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Ujang Komarudin menngatakan kalau pencalonan keluarga inti Presiden Jokowi lewat PDIP ibarat buah simalakama.

Menurutnya, pencalonan Gibran dan Bobby yang keduanya merupakan keluarga inti Presiden Jokowi merupakan sebuah ujian tersendiri bagi PDIP.

"PDIP sedang diuji, sedang diuji oleh keluarga Jokowi, partai pemenang Pemilu 2019 yang lalu itu sedang bingung, Bagai makan buah simalakama. Dimakan bapak mati. Tidak dimakan ibu yang mati," kata Ujang melalui keteranganya, Sabtu (11/07/2020).

Menurut pengajar Dosen Universitas Al Azhar tersebut posisi PDIP sangat dilematis jika harus meloloskan Gibran dan Bobby dalam percaturan Pilkada nanti.

Disatu sisi, Partai besutan Megawati itu juga masih belum bisa meloloskan keduanya, disisi yang lain keduanya merupakan keluarga inti Jokowi.

"Diloloskan Gibran dan Bobby, artinya PDIP yang rugi. Tak diloloskan keduanya, tak enak pada keluarga Jokowi. Atau diloloskan menabrak aturan di PDIP. Tidak diloloskan akan menampar keluarga besar Jokowi," ujarnya.

Namun, menurut Ujang sepertinya Gibran dan Bobby bakal diloloskan oleh PDIP, hal itu lantaran dianggap menjadi jalan tengah dari hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi.

"Demi menjaga keseimbangan, hubungan antara mami dan papi. Antara Megawati dan Jokowi. Sepertinya Gibran dan Bobby akan diloloskan PDIP. Mungkin nanti dengan catatan khusus dari Megawati," tutupnya.

tag: #gibran-rakabuming  #bobby-nasution  #pdip  #jokowi  #megawati-soekarnoputri  #pilkada-2020  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...