Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 22 Jul 2020 - 08:45:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Menaklukan Jakarta Dengan Bubur Ayam

tscom_news_photo_1595382356.jpg
Bamsoet Ketua MPR (Sumber foto : Dokumen)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kawasan Jalan Mentawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tidak terlalu ramai Sabtu (17/7) pagi itu. Hanya beberapa orang yang terlihat berlalu lalang. Sejumlah gerobak penjual makanan berjejer dengan menjaga jarak di pinggiran jalan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo seperti yang terlihat di dalam tayangan YouTube Bamsoet Channel, tampak mendatangi gerobak penjual bubur usai olahraga jalan santai. Duduk di kursi plastik, Bamsoet memesan semangkuk bubur ayam. "Pesan buburnya ya. Tidak pedas," ujar Bamsoet kepada penjual bubur ayam, Mang Obek.

Sembari menyantap bubur ayam, Bamsoet mendengarkan kisah Mang Obek yang sudah lebih 20 tahun merantau ke Jakarta dari Cirebon. Mang Obek bangga bisa menaklukan Jakarta dengan Bubur Ayamnya. Awalnya Ia bekerja pada pedagang bunga yang mangkal di kios bunga di kawasan Mahakam Kebayoran Baru sejak sebelum reformasi. Sampai akhirnya kios tempatnya bekerja digusur dan dijadikan Taman Kota oleh Pemkot DKI Jakarta.

Sejak itulah Ia mulai banting stir berjualan Bubur Ayam sendiri dengan modal ratusan ribu dan gerobak dorong yang ia beli secara angsur. Bersama Mpok Iin yang juga berasal dari Cirebon dan baru saja dinikahi, akhirnya perjalanan hidup dengan berjualan Bubur Ayam dan Empal Gentong itupun dimulai.

Jika hari-hari biasa Mang Obek mangkal di seberang kantor Kejaksaan Agung. Hanya hari Sabtu dan minggu pagi Ia mangkal di kawasan jalan Mentawai, Mahakam Kebayoran Baru. Sejak Pandemi Covid-19 atau Corona, Mang Obek mengakui penghasilan dagangannya merosot sangat tajam. Bermodalkan sekali dagang Rp 300-500 ribu, Mang Obek dan istri hari-hari ini jika rezeki bagus bisa meraih keuntungan sebesar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 perhari.

Sebelum Corona Mang Obek bisa berjualan setiap hari. Setelah Corona melanda dan diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh Pemprov DKI Jakarta, Mang Obek hanya berjualan di hari Sabtu dan Minggu saja.

"Sejak Corona kalau berjualan setiap hari, dagangan sering tidak laku. Makanya kita hanya berjualan di hari libur, Sabtu dan Minggu. Alhamdulillah di hari Sabtu dan Minggu bubur ayam kita habis terus," cerita Mang Obek.

"Uang hasil dagang saya kirimkan ke kampung untuk biaya anak sekolah. Dua anak saya modok pesantren di Sidoarjo, Jawa Tengah. Dari hasil dagang Bubur dan menaklukan Jakarta sedikit-sedikit saya bisa bangun rumah dan sawah dikampung," kata bapak tiga anak ini.

Namun sejak pandemi Covid-19, Mang Obek mengakui kesulitan mengirim uang ke kampung halaman. Pendapatannya menurun dratis. Hal serupa juga dialami anak pertama yang memilih profesi sama dengan dirinya.

"Anak saya yang pertama juga berjualan bubur di Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Padahal dia lulusan STM jurusan otomotif. Susah sekarang kalau mau kirim uang ke kampung," aku Mang Obek yang telah memiliki empat orang cucu.

Bamsoet mengakui pandemi Covid-19 memang memberikan pukulan telak bagi perekonomian Indonesia. Tak hanya orang kecil yang menderita. Pengusaha kelas atas pun merasakan dampak merosotnya income yang masuk.

"Memang sekarang lagi susah pak. Tetapi, kita harus tetap bersyukur masih ada rezeki dari berdagang untuk membeli keperluan sehari-hari," ujar Bamsoet.

Sebagai Ketua MPR RI, Bamsoet tak lupa menanyakan apakah Mang Obek dan Mpok Iin hafal Pancasila. Meskipun Mang Obek dan Mpok Iin sama-sama tak tamat SD, keduanya hafal dan kompak menjawab ketika ditanyakan sila-sila yang ada di Pancasila.

"Satu, ketuhanan yang Maha Esa. Dua, kemanusiaan yang adil dan beradab, Tiga, persatuan Indonesia. Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jawab keduanya kompak.

Bamsoet tersenyum. Meski keadaan sulit akibat pandemi covid-19 dan banyak masyarakat bawah yang bergerak di sektor informal mengalami pukulan keras, tapi tetap semangat berjuang di kehidupan keras Jakarta untuk menghidupi kekuarganya. Tak ada wajah yang muram. Mang Obek dan Mpok Iin tetap ceria dan tetap mensyukuri dengan rezeki yang ada. “Yang penting sehat,” katanya.

tag: #mpr  #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...