Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 25 Jul 2020 - 12:39:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Dihadiri Airlangga Hingga Akbar Tanjung, Munas Soksi Menjadi Momentum Kekuatan Golkar

tscom_news_photo_1595655591.jpg
Bamsoet saat menghadiri Munas Soksi bersama Airlangga Hartarto (Sumber foto : Dokumen Bamsoet)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI mengharapkan Rapimnas III dan Munas SOKSI XI yang dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie dan Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tanjung, menjadi momentum bersatunya seluruh kekuatan di Partai Golkar.

“Jika kita bersatu, solid dan guyub, maka Partai Golkar akan mampu memenangkan pertarungan 2024,” ujar Bamsoet.

Satu Soksi, satu kosgoro dan satu MKGR dalam Satu Golkar, tambah Bamsoet adalah salah satu kunci kemenangan Partai Golkar dalam setiap pertarungan politik.

Mantan Ketua DPR RI ini juga mengingatkan alarm gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin hari semakin nyaring terdengar akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak juga menunjukan penurunan. Ditengah berbagai langkah stimulus pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) mencatat hingga Juli 2020, sudah 12 juta penduduk kehilangan pekerjaan.

"Tak sedikit juga para pekerja yang mengalami pemotongan upah. Pandemi Covid-19 telah menguji berbagai dimensi kemanusiaan kita dalam menjalani kehidupan. Bangsa Indonesia beruntung memiliki semangat gotong royong sebagai saripati nilai-nilai Pancasila. Gotong royong inilah yang telah menyelamatkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Bamsoet dalam acara Musyawarah Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), di Jakarta, Jumat malam (24/7/20).

Turut hadir dalam Munas SOKSI, selain Ketua Umum Partai Golkar/Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pertimbangan Akbar Tanjung, juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sesepuh SOKSI Oetojo Oesman, Thomas Suyatno, Bomer Pasaribu, Bobby Suhardiman, Achmadi Noor Supit dan Agun Gunanjar.

Dalam acara tersebut, Bamsoet bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS) menyumbangkan alat rapid test. Rapid test dilakukan untuk mengetahui peserta Munas SOKSI dari 34 provinsi tidak terkena Covid-19 sebelum acara dimulai.

Mantan Ketua DPR RI ini memuji ketangguhan para pekerja yang terkena PHK, namun bisa tetap kreatif merintis usaha. Ada yang berdagang di e-Commerce, maupun menjual hasil makanan dan minuman yang dibuat sendiri. Kreatifitas dan ketangguhan warga menjadi penguat langkah pemerintah yang saat ini sedang mengambil banyak peluang ekonomi dari berbagai perusahaan internasional yang ingin merelokasi pabriknya akibat pandemi Covid-19.

"Badan Koordinasi Penanaman Modal mencatat, selama pandemi Covid-19 sudah ada 143 perusahaan internasional yang diidentifikasi akan merelokasi investasi mereka ke Indonesia. Antara lain 57 perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat, 39 dari Taiwan, 25 dari Korea Selatan, dan 21 dari Jepang. Upaya ini setidaknya bisa membuka lapangan usaha kerja baru, untuk menekan jumlah pengangguran terbuka akibat pandemi Covid-19," tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mendorong pemerintah khususnya Kementerian Koperasi dan UKM untuk mempercepat penyaluran anggaran pemulihan ekonomi untuk UMKM. Hingga 21 Juli 2020, dari alokasi total anggaran sekitar Rp 123,46 triliun, baru sepuluh persen yang tersalurkan, yakni sebanyak Rp 11,84 triliun.

"Padahal sejarah telah mengajarkan, sejak krisis ekonomi 1998 dan krisis global 2008, sektor koperasi dan UMKM lah yang menjadi penyangga perekonomian nasional. Sekaligus menyerap banyak lapangan tenaga kerja. Dalih bahwa penyaluran stimulus terhambat hanya karena masalah data UMKM yang belum terintegrasi, menjadi bukti betapa lemahnya pengelolaan data di berbagai kementerian dan lembaga," pungkas Bamsoet.

tag: #soksi  #bamsoet  #partai-golkar  #airlangga-hartarto  #akbar-tandjung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...