Oleh Alfin Pulungan pada hari Thursday, 30 Jul 2020 - 12:35:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jusuf Kalla Imbau Semua Masjid Disterilisasi Sebelum Salat Idul Adha Digelar

tscom_news_photo_1596082688.jpeg
Penyemprotan disinfektan di masjid (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengimbau kepada seluruh jajaran pengurus masjid agar melakukan sterilisasi masjid atau musala sebelum dijadikan tempat shalat Idul Adha 1441 Hijriah. Hal itu demi menghindari terjadinya penularan virus korona di tempat ibadah.

"Sebelum shalat Idul Adha masjid-masjid dibersihkan, disterilkan dengan disinfektan," kata JK melalui siaran telekonferensi YouTube BNPB, di Jakarta, Kamis, 30 Juni 2020.

Jumat (31/7) lalu, JK mengatakan umat Islam selain menggelar shalat id juga akan melaksanakan salat jumat sehingga sterilisasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jemaah.

Jusuf Kalla


Mantan Wakil Presiden itu menegaskan akan sangat baik jika sterilisasi dilakukan juga sebelum dan setelah shalat Jumat sehingga dapat mencegah penularan virus.

Idul Adha, kata JK, tidak akan terlepas dari nilai-nilai ajaran pengorbanan dalam Islam sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim AS saat hendak menyembelih Nabi Ismail AS. Nilai-nilai kurban harus menjadi pesan bahwa dalam hidup selalu ada pengorbanan dengan penuh rasa keikhlasan sehingga memberi manfaat bagi umat.

Adapun pengorbanan dalam konteks pandemi adalah dengan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk saat pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

JK memandang kedisplinan dalam mematuhi protokol kesehatan tersebut merupakan pengorbanan yang harus dilakukan setiap orang saat ini untuk mencegah bahaya yang lebih besar.

"Jika tidak disiplin maka bisa fatal. Covid-19 itu intinya disiplin dan interfensi dengan sterilisasi rumah, bangunan, kantor serta seluruh sarana-sarana. Itu dua cara yang penting," pungkasnya.

tag: #masjid  #idul-adha  #covid-19  #jusuf-kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...