Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 01 Agu 2020 - 11:53:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadapi Ancaman Resesi, Fraksi Demokrat Dorong Pemerintah Utamakan UMKM

tscom_news_photo_1596257602.jpg
Didi Irawadi Syamsuddin Politikus Partai Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsuddin mendorong agar sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi perhatian utama pemerintah. Perhatian diperlukan guna mencegah ancaman resesi ekonomi yang timbul akibat dampak pandemi COVID-19.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Demokrat Didi Irwadi Syamsuddin saat memberikan pandanganya terkait dengan resesi ekonomi yang sudah melanda beberapa negara saat ini.

"Alirkan dana (terus) ke UMKM dengan memberikan kemudahan-kemudahan dan bunga yang sangat rendah," kata Politikus Demokrat itu kepada wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Menurutnya, jika sektor UMKM bisa bertahan dan terus bergerak, maka akan dapat menjadi penopang utama daya tahan ekonomi nasional.

"Tahun 1998 sudah menjadi bukti, ketika negeri kita masuk jurang resesi. UMKM menjadi faktor penyelamat utama," ungkapnya.

Didi menilai, saat ini pemerintah sendiri belum optimal dalam memperhatikan sektor UMKM.

Hal itu terbukti dari porsi penyaluran dana Program Pemulihan Ekonomi (PEN) untuk koperasi dan UMKM yang baru terserap sebanyak 9,59%.

Padahal Kementerian Koperasi dan UKM memerinci nilai penyaluran kredit untuk koperasi dan UMKM dari program PEN mencapai Rp11,84 triliun dari Rp123,46 triliun yang disiapkan.

Diketahui, resesi ekonomi telah melanda beberapa negara di dunia. Penyebabnya ialah pandemi Covid-19 yang menyerang dunia dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Terbaru adalah Amerika Serikat yang tadi malam resmi menyatakan resesi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi kuartal II nya tertekan cukup dalam.

Sebelum Amerika Serikat, ada Jerman, Korea Selatan hingga Singapura yang telah mengalami resesi ekonomi akibat dampak dari pandemi Corona ini.

tag: #umkm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita
Aspirasi Abdul Fikri Faqih

Fikri Faqih: Keberadaan BPIP Jangan Sampai Jadi Penafsir Tunggal Seperti BP7

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Rabu, 05 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua Komisi Pendidikan (Komisi X) DPR, Abdul Fikri Faqih, mengatakan keberadaan lembaga yang membidangi urusan ideologi Pancasila semestinya tak berupaya membuat ...
Berita

Anggota Panja Sebut Omnibus Law Bisa Kembalikan Investasi Hingga 900 Triliun

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Panitia Kerja (Panja) Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker), Lamhot Sinaga, menyebut RUU inisiatif pemerintah ini dapat mengembalikan ...