Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 25 Agu 2020 - 14:24:19 WIB
Bagikan Berita ini :

RDP Dengan PT PLN, Mulan Jameela Cecar Total Hutang PLN Yang Hampir Mencapai Rp 700 Triliun

tscom_news_photo_1598338373.JPG
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Mulan Jameela (Sumber foto : Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela menyoroti kondisi keuangan PT PLN (Persero) terkhusus, mengenai utang perusahaan listrik plat merah tersebut yang besar.

Mulan mengatakan jika merujuk laporan keuangan kuartal I-2020 PLN memiliki utang jangka panjang Rp 537 triliun dan utang jangka pendek Rp 157,79 triliun. Jadi, total utang PLN Rp 694,79 triliun.

"Seperti diketahui utang untuk membiayai proyek infrastruktur listrik 35.000 MW. PLN tidak punya dana sendiri sehingga harus melakukan pinjaman kepada perbankan Rp 100 triliun per tahun untuk tujuan membangun pembangkit," kata Mulan saat RDP Komisi VII DPR RI dengan Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di Gedung DPR RI, Selasa (25/08/2020).

Politisi Partai Gerindra tersebut menuturkan dengan kondisi yang dialami oleh PT PLN, tentu membuat kondisi keuangan PT PLN berada dalam kondisi tidak sehat.

"Dengan kondisi keuangan seperti ini tentu saja cukup mengagetkan dan tidak sehat," tuturnya.

Mulan pun lantas mempertanyakan mengenai upaya PLN menjamin ketersediaan listrik tanpa adanya kenaikan tarif kepada masyarakat.

"Yang ingin saya tanyakan dengan kondisi seperti ini bisakah PLN menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik kepada masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, Istri dari Musisi yang juga Politisi Gerindra Ahmad Dhani itu mempertanyakan bagaimana langkah PLN untuk membayar utang tersebut.

"Apa langkah yang dilakukan PLN untuk mengatasi dan membayar utang tersebut," pungkasnya.

tag: #pln  #dpr  #listrik  #komisi-vii  #partai-gerindra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...