Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Selasa, 02 Jun 2015 - 21:21:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Menteri Pendidikan Timor Leste Wafat, Anies Baswedan Ikut Berduka Cita

37AneisBaswedan-tscom.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyampaikan duka cita atas wafatnya Menteri Koordinator bidang Sosial dan Pendidikan Timor Leste, Fernando de Araujo.

“Saya sampaikan duka cita yang mendalam. Almarhum adalah orang baik,” kata Anies di Jakarta, Selasa (2/6/2015).

Padahal, Anies sebelumnya berencana untuk melakukan kunjungan ke Dili, Timor Leste untuk bersilaturahim dengan Menteri Fernando Araujo pada akhir tahun ini.

"Lalu tadi pagi dapat kabar duka ini. Pertemuan terakhir kita adalah tiga minggu lalu, sempat diskusi panjang juga. Saat itu ada pertemuan Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara di Thailand. Bahkan kita sudah berencana mengadakan beberapa kerja sama,” kenang Anies.

Fernando de Araujo yang lebih dikenal sebagai Fernando Lasama lahir di Manutasi, Ainaro, 26 Februari 1963 (52 tahun) adalah Presiden Partai Demokrat (PD) yang saat ini menjabat Menteri Koordinator bidang Sosial dan Pendidikan Timor Leste.
Karir politik Fernando sangat cemerlang hingga pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Timor Leste (8 Agustus 2012) dan Presiden Parlemen Nasional.

Fernando muda bersama rekan-rekannya seperti Mariano Sabino Lopes mendirikan Partido Democrático pada tanggal 10 Juni 2001 di Dili yang kemudian menjadi peserta Pemilu pada tahun 2001.

Fernando de Araújo lahir dari keluarga petani, menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 1 Becora (1985), dan melanjutkan pendidikanya di Universitas Udayana Bali Indonesia (1985 - 1989).

Namun ia tidak dapat diselesaikan karena terlibat dalam gerakan bawah tanah melawan militer Indonesia di Timor Timur saat itu. Setelah Timor Timur melepaskan diri dari Indonesia melalui referendum Fernando mengambil kesempatan untuk menyelesaikan pendidikannya di Universitas Melbourne, Australia (1999-2001).(yn)

tag: #fernando de araujo  #timor leste  #anies baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement