Oleh Rihad pada hari Sabtu, 12 Sep 2020 - 23:37:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Mustahil, Harapkan Ekonomi Bangkit di Tengah Pandemi

tscom_news_photo_1599928639.png
Faisal Basri (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pengamat ekonomi Faisal Basri menilai keinginan memulihkan perekonomian nasional pada saat kasus positif Covid-19 terus meningkat sulit terwujud. "Kalau mau disederhanakan, kasus di Indonesia sekarang sedang naik, ekonomi sedang turun," kata Faisal dalam diskusi daring tentang Evaluasi Enam Bulan dan Proyeksi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sabtu (12/9).

Menurut dia, mengharapkan ekonomi naik di tengah pandemi itu tidak mungkin. "Pemerintah maunya, terutama Pak Airlangga (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, red), kasus naik, ekonomi naik. Itu mimpi," katanya.

Pendiri Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) itu menambahkan, sebaiknya para menteri mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memfokuskan penanganan kesehatan ketimbang pemulihan ekonomi. "Jadi memang begitu rumusnya. Ayo melakukan itu untuk mengendalikan virus ini, sehingga virusnya tidak mencapai tinggi. Segera mencapai puncak dan turun," ujar dia.

Faisal menambahkan, ekonomi akan tumbuh seiring dengan perbaikan sektor kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebab, pandemi Covid-19 tidak mengakibatkan rusaknya fasilitas ekonomi. Menurut Faisal, pandemi Covid-19 berbeda dari bencana alam yang mengakibatkan kerusakan fasilitas ekonomi.

Ketika pemerintah fokus terhadap kesehatan, Faisal mengharapkan pandemi segera berakhir. Selanjutnya aktivitas masyarakat kembali normal dan perekonomian pun hidup karena masyarakat bisa berbelanja dengan tenang. "Kelas menengah akan belanja secara normal, pengusaha akan berinvestasi lagi. Dia tidak akan menaruh uang di bank terlalu banyak. Dia akan belanja, belanja, belanja. Investor asing akan datang," ulasnya. Faisal menegaskan, wisatawan asing dan investor otomatis akan masuk ke Indonesia jika pandemi Covid-19 terkendali.

tag: #covid  #ekonomi-indonesia  #pertumbuhan-ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Dukung Program Ketahanan Pangan, RNI Siap Jaga Ketersediaan Daging

Oleh windarto
pada hari Sabtu, 23 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) bersama BUMN Klaster Pangan siap membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga daging.  Untuk ...
Bisnis

Wakil Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Yang Sudah Terlalu Banyak Utang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan menilai pemerintah memiliki ketergantungan terhadap utang luar negeri. Utang luar negeri Indonesia selama enam ...