Oleh Rihad pada hari Sabtu, 26 Sep 2020 - 08:17:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Pertamina dan Telkom Terapkan Digitalisasi di SPBU

tscom_news_photo_1601083045.png
Ilustrasi SPBU (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk menerapkan program digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara mengungkapkan, Telkom mendukung penuh Pertamina

“Kami berupaya semaksimal mungkin segera menyelesaikan proses digitalisasi SPBU di tengah keterbatasan situasi pandemi Covid-19,” ujarnya, Jumat (25/9/2020).

Edi menjelaskan, program ini sejalan dengan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia dan seluruh dunia.

“Transaksi nontunai mengurangi kontak fisik namun tetap memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan,” terangnya.

Adapun, melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat memantau kondisi stok Bahan Bakar Minyak (BBM), penjualan BBM, serta transaksi pembayaran di SPBU.

Data-data tersebut juga dapat diakses secara langsung oleh sejumlah pihak berwenang, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Keuangan, dan Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas Bumi.

Dengan begitu, semua pihak yang berwenang dapat saling mendukung untuk pengawasan penyaluran BBM.

Sebelumnya, pada Jumat (11/9/2020), Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi didampingi Enterprise Project Director Telkom, Judi Achmadi dan Director of Regional Marketing PT Pertamina Patra Niaga, Jumali berkunjung ke SPBU 34 12902 Gatot Subroto.

Salah satu tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan lima fitur hasil digitalisasi SPBU sudah berfungsi 100 persen.

Adapun, fitur yang dimaksud meliputi program pre purchase (bayar dulu baru isi BBM), monitoring penerimaan BBM di SPBU yang berbasis data Automatic Tank Gauge (ATG) custody transfer, dan cashless program dengan menggunakan digital payment LinkAja.

Selain itu, ada pula pencatatan nomor polisi kendaraan yang melakukan pengisian BBM subsidi serta profiling customer yang berbasis loyalty program aplikasi MyPertamina.

Di tempat terpisah, Edi memastikan kelima fitur digitalisasi SPBU tersebut sudah bisa digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pemerintah, serta para stakeholder lainnya.

tag: #pt-pertamina  #pt-telkom  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Cari Solusi Turunkan Harga Daging, Pemerintah Bersedia Dialog dengan Pedagang

Oleh Rihad
pada hari Rabu, 20 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah membuka ruang dialog dengan asosiasi pedagang guna menurunkan harga daging sapi. "Saya berharap mereka bisa kita ajak konsultasi, kita ajak bicara. Nanti ...
Bisnis

Pelantikan Joe Biden Momentum Percepatan Pengembangan EBT di Indonesia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden USA terpilih Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke 46 pada tanggal 20 Januari 2021. Pelantikan Joe Biden membawa angin segar bagi ...