Zoom
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 04 Jun 2015 - 09:24:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Bentuk Politik Gentong Babi di DPR Menurut AS Hikam

40gedung-dpr-indra.jpg
Gedung DPR (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar politik senior Muhammad AS Hikam beberapa waktu lalu mengungkap adanya politik 'gentong babi' di parlemen. Politik gentong babi ini diketahui setelah ada anggaran aspirasi.

Hikam menjelaskan, politik ‘gentong babi’ ini sejatinya adalah upaya parpol atau angota DPR untuk bisa mempertahankan posisi mereka di parlemen melalui politik uang yang dilegalkan melalui undang-undang. Caranya bervariasi.

"Namun yang paling mudah dengan mengalokasikan anggaran-anggaran untuk membiayai para anggota parlemen agar mereka bisa menyumbang ke dapil konstituen mereka melalui berbagai kegiatan, proyek-proyek, dan program-program khusus," kata AS Hikam beberapa waktu lalu.

Ia mencontohkan praktik politik di AS, dimana kondisi demikian menjadi salah satu kritik bagi anggota konggres karena melauli ‘gentong babi’. Melalui praktik itu mereka benar-benar bisa bertahan menjadi petahana karena berhasil membawa pulang kue bagi negara bagian dan konstituen. Ini menjelaskan mengapa prosentase incumbency dalam konggres lebih dari 80 persen.

"Rupanya sebagian politisi DPR RI terpikat dengan praktik ‘gentong babi’ ini dan mencoba mengimpornya ke Indonesia." (iy)

tag: #dpr  #politik gentong babi  #gentong babi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...