Oleh Givary Apriman pada hari Minggu, 08 Nov 2020 - 06:19:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Begini Makna Pahlawan dalam Perspektif BPIP

tscom_news_photo_1604791170.jpg
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (kedua kanan) bersama Sekretaris Utama BPIP Karjono (kanan), Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo (kedua kiri) dan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, berfoto bersama seusai melakukan pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/2/2020). Pertemuan tersebut membahas kerjasama pendidikan Pancasila untuk kalangan muda. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Hari Pahlawan yang bertepatan 10 Novomber menjadi makna berarti bagi Bangsa Indonesia termasuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Untuk itu, sudah seharusnya Hari Pahlawan diperingati tidak hanya berupa seremonial belaka.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo mengatakan makna pahlawaan bukan identik dengan memegang senjata, tetapi orang yang mempertahankan nilai-nilai dasar kehidupan.

"Pahlawan mempunyai makna dengan pribadinya rela memberikan berkorban segalanya bagi bangsa dan cita-cita bersama", kata Benny dikutip dari siaran pers BPIP, Sabtu (7/11/2020).

Alumni Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang ini menjelaskan, makna pahlawan membutuhkan makna kepahlawanan yang lebih luas dan mendalam.

Menurutnya, pahlawan bukan sekedar mitos melainkan mereka yang terus-menerus menemukan kreativitas dalam memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat sesuai dengan kemampuannya.

Ia juga mengatakan makna pahlawan tidak cukup hanya mengheningkan cipta dengan menundukan kepala. Lebih jauh dari itu, makna pahlawan adalah meneladani sikap mereka yang mengabdi pada kemanusiaan, membela yang lemah, tertindas, dan membela hak yang dirampas.

"Tentu tak cukup menhormati mereka hanya dengan mengheningkan cipta berulang-ulang tanpa mengaktualkan sikap dan perlaku hidup yang baik", tegasnya.

Lebih lanjut Benny menuturkan, pahlawan untuk masa depan adalah orang-orang yang mampu menggerak-kan nilai-nilai Pancasila demi roda ekonomi dan menumbuhkan harapan untuk mengembangkan potensi lokal.

"Jiwa pahlawan saat ini diharapkan dapat menumbuhkan spirit dan mengaktualisasikan Pancasila, mewujudkan kesejahteraan kebersamaan dan aplikasi kehidupan bersama," tutupnya.

tag: #hari-pahlawan  #pancasila  #bpip  #antonius-benny-susetyo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement