Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 05 Nov 2021 - 18:41:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemensos Akan Libatkan Anak-anak dalam Upacara Hari Pahlawan

tscom_news_photo_1636112475.jpg
Tri Rismaharini Mensos RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar rapat pleno jelang peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November. Dalam rangkaian upacara peringatan Hari Pahlawan nanti, Mensos Tri Rismaharini bakal melibatkan anak-anak

Hal itu disampaikan oleh Risma sapaanya saat menggelar konferensi pers d i Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Jalan Raya Salemba, Jakpus, Jumat (5/11/2021).

"Jadi yang igin kami sampaikan di Hari Pahlawan ini, yang pertama sebetulnya kita menggugah semua saja bahwa kemerdekaan ini bukan pemberian, tapi perjuangan para pahlawan. Jadi konsep yang kita berikan adalah kita melibatkan anak-anak, jadi kemarin kita mulai menyisir makam-makam pahlawan, kemudian kita bersihkan, kemudian dengan keterlibatan anak-anak dan para mahasiswa, jumlahnya 100-200 anak," kata Risma.

Risma mengatakan kemerdekaan bukan merupakan hadiah. Dia mengingatkan kemerdekaan yang diraih Indonesia merupakan buah perjuangan para pahlawan.

"Misi kita untuk bagaimana anak-anak, para anak-anak kita itu mengerti bahwa sekali lagi kemerdekaan yang kita raih ini bukan pemberian, bukan hadiah tapi perjuangan," ucap Risma.

Dia menyebut pihaknya masih berkoordinasi dengan Sekretariat Presiden untuk melibatkan anak-anak dalam rangkaian upacara Hari Pahlawan. Dia mengatakan anak-anak yang dilibatkan itu juga bakal diajak pada upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan.

"Kita masih mengusulkan nanti pada hari pahlawan ke Sekretariat Presiden untuk kita melibatkan pula anak-anak, baik dalam rangkaian upacara maupun di dalam saat upacara kita mengusulkan untuk mereka bisa nyanyikan lagu-lagu pahlawan dengan lagu-lagu perjuangan dengan iringan musik tradisional," tuturnya.

"Setelah itu kita ajak anak-anak untuk menabur bunga di makam pahlawan. Kemudian yang berikutnya, ada upacara resmi hari pahlawan. Setelah itu kita ajak anak-anak untuk menabur bunga di makam pahlawan," sambung Risma.

Risma mengatakan upacara resmi peringatan Hari Pahlawan juga bakal dilakukan lewat tabur bunga di laut. Selain itu, ada juga acara pemberian gelar pahlawan.

"Kemudian berikutnya ada upacara resmi Hari Pahlawan dan ada upacara tabur bunga di laut. Nanti yang koordinatornya Lantamal (Pangkalan Utama TNI AL). Kemudian upacara kepahlawanan oleh Garnisun. Kemudian pemberian gelar kepahlawanan oleh Setmilpres (Sekretariat Militer Presiden)," pungkas Risma.

tag: #hari-pahlawan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement