Oleh Yoga pada hari Sabtu, 16 Jan 2021 - 09:06:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Gempa Getarkan Pangandaran Jawa Barat

tscom_news_photo_1610762766.png
Ilustrasi gempa Pangandaran (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 terasa di kabupaten Pangandaran, Jumat (15/01/2021) pukul 21.17 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, gempa dirasakan ringan oleh sebagian masyarakat.

BMKG menyebutkan, gempa bermagnitudo 4,7 episenter gempa ini terletak pada koordinat 8.49 Lintang Selatan dan 108.66 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km tenggara Kabupaten Pangandaran, pada kedalaman 57 kilometer.

Gempa bumi yang terjadi di Pangandaran Jawa Barat ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan juga berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah). Kemudian terasa getaran juga di wilayah Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda yg tergantung bergoyang).

Sampai saat ini BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan dan juga sampai saat ini belum adanya laporan masyarakat sekitar mengenai kerusakan bangunan ataupun yang lainnya terkait gempa bumi yang melanda Pangandaran Jawa Barat.

BMKG melalui akun instagramnya @infobmkg, menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

tag: #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Mantan Panglima GAM Dukung Kepemimpinan AHY Ketum Demokrat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 07 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Aceh sekaligus mantan Panglima GAM Muzakir Manaf menyambangi kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta, Sabtu (6/3/2021) ...
Berita

Apa Yang Terjadi Jika Kubu Moeldoko Lapor ke Pemerintah? Ini Penjelasan Mahfud MD

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Munculnya Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang menimbulkan dualisme kepemimpinan. Selain ada Moeldoko, Ketua Umum Demokrat ...