Oleh Ariful Hakim pada hari Selasa, 02 Feb 2021 - 15:25:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Angelina Jolie Bakal Jual Koleksi Lukisan Karya Winston Churchill

tscom_news_photo_1612254274.jpeg
Lukisan Winston Churchill (Sumber foto : Istimewa)

LONDON (TEROPONGSENAYAN)—Sebuah lukisan karya Winston Churchill milik Angelina Jolie bakal dilelang bulan depan. Menurut rumah lelang Christie,lukisan dengan lanskap Maroko "Tower of the Koutoubia Mosque" merupakan hadiah dari Churchill kepada Presiden AS Franklin D Roosevelt.

Lukisan itu dijualJolie pada bulan depan dengan perkiraan harga 1,5 juta poundsterling hingga 2,5 juta poundsterling (sekitar Rp 28 miliar hingga Rp 48 miliar). Gambar masjid abad ke-12 di Marrakesh, saat matahari terbenam itu memiliki latar Pegunungan Atlas. Gambar itu, satu-satunya lukisan yang diselesaikan oleh pemimpinPerang Dunia II Inggris selama konflik pada 1939-1945.

Churchill melukisnya setelah Konferensi Casablanca Januari 1943, di mana Churchill dan Roosevelt merencanakan kekalahan Nazi Jerman. Kedua pemimpin mengunjungi Marakesh, setelah konferensi agar Churchill dapat menunjukkan keindahan kota kepada Roosevelt.

Saat itu Churchill terpesona dan menganggapnya luar biasa.Menurut kepala departemen seni Inggris modern Christie, Nick Orchard, dilansir dariAP, Selasa (2/2/2021), Churchill melukis pemandangan itu dan memberikannya kepada Roosevelt sebagai kenang-kenangan dari perjalanan tersebut.

Selain sebagai politisi handal, Churchill sendiri adalah seniman amatir, yang menyelesaikan sekitar 500 lukisan. Lukisan itu dijual oleh putra Roosevelt setelah kematian presiden pada 1945, dan memiliki beberapa pemilik sebelum Jolie dan pasangannyaBrad Pitt membelinya pada 2011.

Lukisan itu dijual Jolie Family Collection sebagai bagian dari lelang seni Inggris modern Christie pada 1 Maret di London. Nick Orchard mengatakan, rumah lelang berharap bisa mencetak rekor baru untuk hasil pekerjaan Churchill. “Rekor harga lelang Churchill sekitar 1,8 juta poundsterling (sekitar Rp 34 miliar) untuk sebuah lukisan,” kata dia.

tag: #seni  #lelang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...