Oleh Ariful Hakim pada hari Selasa, 02 Mar 2021 - 13:16:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Bersejarah, Angelina Jolie Jual Lukisan Tembus Rp 164 Miliar

tscom_news_photo_1614665809.jpg
Lukisan Menara Masjid Koutoubia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)—Bintang Hollywood Angelina Jolie berhasil menjual lukisan koleksinya dengan harga mahal. Jolie melelang lukisan bersejarah karya Winston Churchill itu dengan nilai Rp 164 miliar dib alai lelang Christie’s London. Lukisan berjudul Menara Masjid Koutoubia itu dijual awal pekan ini, setelah sempat ditawarkan cukup lama.

Awalnya, karya tersebut diprediksi bakal terjual Rp 47,7 miliar tapi meroket tajam karena muatan sejarah dalam lukisan tersebut. Karya yang menampilkan pemandangan Maroko dari abad ke-12 saat matahari terbenam itu mengagumkan para kolektor. Lukisan dengan latar belakang Pegunungan Atlas adalah bagian dari sejarah politik dan industri Hollywood.

Lukisan itu menjadi satu-satunya karya yang diselesaikan mantan Perdana Menteri Inggris selama konflik di Perang Dunia ke-2 di tahun 1939 sampai 1945. Winston menyelesaikan karya itu setelah Konferensi Casablanca di Januari 1943. Saat itu, Winston Churchill dan Presiden AS Franklin D Roosevelt membicarakan soal kekalahan Nazi Jerman.

Kedua pemimpin mengunjungi Maroko setelah konferensi agar Churchill dapat menunjukkan keindahan kota kepada Roosevelt. Kemudian, ia memberikan lukisan kepada pemimpin AS tersebut sebagai kenang-kenangan.

Sepeninggal Winston Churchill, lukisan itu diwariskan kepada putra Roosevelt pada 1945. Setelahnya, Angelina Jolie dan pasangannya Brad Pitt membeli di tahun 2011. Pasangan itu pun berpisah pada 2016 dan menghabiskan bertahun-tahun dalam proses perceraian dan harta gono-gini. Termasuk pembagian koleksi seni keduanya.

Kepala Departemen Seni Inggris Modern di Balai Lelang Christie, Nick Orchard, mengatakan Franklin D Roosevelt mengaku terpesona oleh pemandangan Maroko dan menganggapnya luar biasa.

"Churchill dianggap bisa menangkap pemandangan luar biasa itu ke dalam lukisan yang indah dan menggugah. Ia memberikannya kepada pemimpin AS itu sebagai kenang-kenangan dari perjalanan tersebut," ungkapnya.

"Cahaya di Maroko adalah sesuatu yang disukai Winston Churchill. Ada perubahan cahaya matahari dan cahaya bermain dalam pemandangan tersebut," sambung Nick Orchard.

tag: #seni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Ragam

Disindir Ade Armando, Ini Jawaban Menohok Atta Halilintar

Oleh Ariful Hakim
pada hari Jumat, 16 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Momen bulan madu Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah sempat disorot oleh pakar komunikasi Ade Armando. Menurutnya, video kemewahan yang diunggah pasangan muda ...
Ragam

Kiat Agar Puasa Tetap Nyaman Tidak Terasa Lemas

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Orang berpuasa di bulan Ramadhan biasanya merasa lemas. Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Putri Sakti, penyebab lemas adalah asupan makanan ...