Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 07 Jun 2015 - 06:42:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Dahlan Iskan Biang Kerok Belasan Proyek Gardu Listrik Mangkrak

31images.jpg
Dahlan Iskan jadi tersangka (Sumber foto : ISTIMEWAq)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Kepala Kejati DKI Jakarta, Adi Toegarisman memastikan, bahwa Dahlan Iskan adalah penyebab dari banyaknya proyek gardu listrik yang mangkrak.

"Jaksa menemukan bukti kuat bahwa Dahlan Iskan adalah orang yang paling bertanggungjawab dalam kasus korupsi gardu listrik," katanya Minggu (6/7/2015) di Jakarta.

Menurutnya, dalam kasus tersebut beberapa uang muka sudah dicairkan. Ada juga yang sudah dibayar untuk termin pertama dan kedua. "Dari 21 gardu induk yang dibangun, tiga tidak ada kontrak, 5 selesai, dan 13 bermasalah," ujar Adi.

Adi juga bilang bahwa eks Dirut PLN itu juga menyalahi aturan terkait mekanisme pembayaran. Jika sistem pembayaran seharusnya lewat mekanisme konstruksi Dahlan malah memilih mekanisme on set atau berdasar pembelian material.

"Pembayaran seharusnya sesuai dengan sejauh mana penyelesaian pekerjaan, bukan berapa material yang dibeli rekanan," katanya.

Selain itu, Dahlan juga dituding merancang pembangunan gardu induk di atas 17 tanah bertuan. Padahal, pembangunan gardu yang memakan waktu tahunan, harus dimulai dengan pembebasan lahan.

"Kalau (proyek) multiyears bisa diizinkan kalau masalah tanah tuntas. Ini tidak. Dari 21 yang dibangun, empat milik PLN sisanya tidak," ujarnya. (ai)

tag: #Dahlan Iskan  #tersangka  #korupsi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement